Musim Hujan, Berikut Lima Cara yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Flu

By Aditya Driantama H, Rabu, 26 Februari 2020 | 13:47 WIB
Ilustrasi flu. (cyano66/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Musim hujan seperti sekarang ini menjadi media penyebaran virus ataupun penyakit yang dapat mengintai kita, salah satunya flu.

Flu merupakan penyakit infeksi virus akut dan menular yang menyerang saluran pernapasan. Virus ini menyebar melalui udara dan kontak fisik seperti bersalaman dengan penderita flu. Gejalanya berupa demam, meriang, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, lemas, nyeri otot, dan sakit kepala.

Baca Juga: Peneliti: Seseorang Bisa Memiliki dan Menularkan Virus Corona Meski Gejalanya Tak Terlihat

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), angka kejadian influenza mencapai lima juta kasus per tahun. Dan angka kematian akibat penyakit ini mencapai 500.000 kasus. Angka kematian tertinggi terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun akibat infeksi paru-paru.

Mari simak beberapa langkah berikut untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal serangan bakteri serta virus penyebab penyakit:

Menjaga kebersihan diri

Virus atau bakteri dapat masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut, dan mata. Maka dari itu, lebih baik kita membiasakan diri untuk rajin mencuci tangan: seperti sebelum makan, setelah menggunakan toilet, sehabis bersin atau batuk, serta setelah membuang sampah. Gunakan air serta sabun. Jika tidak ada air, kita bisa menggunakan handsanitizer.

Gunakan masker

Kenakan masker penutup hidung dan mulut saat berada di tempat umum. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kita tertular flu dari orang lain. Juga mencegah penyebaran flu ke orang lain ketika kita sedang sakit.

Konsumsi makanan bergizi

Seperti yang kita ketahui, sayur dan buah mengandung banyak antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas penyebab lemahnya daya tahan tubuh.

Selain antioksidan, protein dan omega-3 juga penting bagi daya tahan tubuh. Kurangnya asupan protein dan omega-3 dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Sebaiknya, kita memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini tersebut, seperti telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan.