Prajurit Estri, Perempuan Perkasa yang Ditakuti Pemerintah Kolonial

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 30 Maret 2020 | 11:54 WIB
Penari Tarian Ni Thowong beraksi di tengah-tengah venue Festival Sewu Kitiran, tepatnya di salah sat (Nisrina Darnila)

Nationalgeographic.co.id - Dalam kunjungan pertamanya ke Yogyakarta pada 1809. seorang veteran perang Napoleon terkejut ketika menyaksikan pertunjukan turnamen perang-perangan yang diadakan dilakukan oleh 40 orang perempuan. Veteran itu bernama Herman Willem Daendels, yang menjadi Gubernur Jenderal Hindia-Belanda.

Ia kagum dengan kepiawaian perempuan-perempuan dalam menunggang kuda dan menggunakan bedil di atasnya. Mengingat di tanah asalnya, kemampuan itu hanya bisa dilakukan oleh laki-laki.

Tidak hanya di masa sekarang, ternyata beberapa kerajaan di nusantara memiliki tentara yang diisi oleh perempuan untuk menjaga keamanan keraton dan kerajaan dari ancaman musuh.

Baca Juga: Arkeolog: Di Masa Kerajaan Klasik, Pria dan Wanita Berkedudukan Setara

Peter Carey, profesor tamu Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, dan Vincent Houben, guru besar sejarah modern Asia Tenggara di Humboldt University Berlin, dalam bukunya yang berjudul Perempuan-Perempuan Perkasa di Jawa Abad XVIII-XIX menulis bahwa keraton Mataram memiliki jumlah penjaga perempuan yang sangat besar di lingkungan istana.

Itu diketahui dari laporan Francois Valentijn (1666-1727) seorang misionaris yang menyebutkan bahwa di areal keraton terdapat 10.000 perempuan yang bermukim. 

Dari 10.000 perempuan, 3.000 di antaranya kebanyakan berusia lanjut, yang berkewajiban untuk mengurus gerbang masuk dan keluar istana. Sementara itu, 3.000 lainnya menjadi budak perempuan yang mengurusi permaisuri dan para selir raja, dan 4.000 lainnya bekerja sebagai pengrajin tekstil untuk kerajaan atau untuk berdagang.

Namun, selain itu, Peter dan Vincent menyebutkan bahwa kerajaan di kawasan Jawa Tengah bagian selatan memiliki prajurit perempuan yang memiliki andil dalam berperang. Dibuktikan dengan adanya buku harian yang ditulis oleh seorang korps prajurit estri

Baca Juga: Peter Carey Ungkap Kedudukan Perempuan di Era Kesultanan di Nusantara

Prajurit estri sendiri adalah satuan pasukan elit kesultanan Mataram yang beranggotakan perempuan yang umumnya dari perdesaan. Pada masanya, mereka dilatih keprajuritan oleh Pangeran Sambernyawa, dan dipimpin oleh Rubiyah (Raden Ayu Matah Ati). Diperkirakan bahwa satuan tersebut memiliki 150 personel perempuan muda yang memiliki keterampilan senjata dan kesenian.

“Pentingnya ada tentara perempuan untuk menjaga keraton adalah karena sifat perempuan lebih setia daripada laki-laki yang mudah memberontak,” kata Carey saat diwawancarai National Geographic Indonesia.

Kemampuan berperang prajurit estri dalam dunia militer digambarkan dengan memiliki keterampilan berkuda dan menggunakan senjata artileri salvo. Peter juga menjelaskan bahwa kepandaian prajurit estri bertolak belakang dengan kemampuan pasukan istana yang kurang terlatih menggunakan senapan.