Dua Warga di Indonesia Positif Corona, Ini Kronologis Penularannya

By Fikri Muhammad, Senin, 2 Maret 2020 | 17:23 WIB
Ilustrasi virus corona yang menyerang organ tubuh ()

Nationalgeographic.co.id - Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus COVID-19 pertama di Indonesia pada Senin (2/3/2020). Dilansir dari Kompas.comJokowi menyatakan bahwa ada dua warga Indonesia yang positif terkena virus corona di Depok. Mereka diketahui sempat melakukan kontak dengan warga Jepang yang sebelumnya mengunjungi Indonesia.

"Orang jepang ke Indonesia bertamu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," ungkap Jokowi.

Ditemui dalam acara konferensi pers terkait COVID-19, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto, menyatakan bahwa kedua pasien COVID-19 tersebut kini sedang dirawat di ruang isolasi di Rumah Sakit Pusat Inveksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

"Kondisinya baik. Artinya, tidak ada demam dan sesak napas. Makan juga enak," ungkapnya. 

Baca Juga: Dua Warga di Indonesia Dikonfirmasi Positif Terjangkit Virus Corona

Terawan menjelaskan, setelah warga Jepang asal Malaysia yang diketahui mengunjungi Indonesia dinyatakan positif corona, Kemenkes pun melakukan penelusuran terkait siapa saja yang melakukan kontak dengannya.

Diketahui bahwa pada tanggal 14 Februari, terjadi kontak antara perempuan Jepang tersebut dengan WNI berusia 31 tahun. "Mereka berdansa. Tertular karena tempatnya berdekatan," ujar Terawan. 

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto, bersama dengan jajaran Kemenkes melakukan konferensi pers terkait kasus COVID-19 pertama di Indonesia, pada Senin (2/3/2020). (Fikri Muhammad/National Geographic Indonesia)

Pada 16 Februari, warga Jepang tersebut kembali ke tempat tinggalnya di Malaysia. Perempuan berusia 31 tahun tersebut pun mulai merasa tidak enak badan dan mengalami batuk. Dari 16-26 Februari, batuknya tidak kunjung sembuh. 

Kemudian, pada 28 Februari, warga Jepang mengabari bahwa ia dinyatakan positif COVID-19 di Malaysia. Melihat hal ini, Kemenkes pun langsung melakukan tracking ke warga Depok tersebut hingga mereka dinyatakan tertular COVID-19 dan kemudian dibawa ke RSPI Sulianti Saroso. 

"Kami akan terus melakukan riset. Saya harap mereka tetap sehat dan saya akan berikan kabar apa pun ke masyarakat," kata Terawan. 

Jaga kebersihan