Mengurangi Kontak Sosial Selama di Rumah, Ini yang Harus Dilakukan

By Fikri Muhammad, Senin, 16 Maret 2020 | 12:09 WIB
Warga Italia, saat lockdown Covid-19 ()

Nationalgeographic.co.id - Tetap berada di rumah saat wabah Covid-19 menyebar adalah tindakan pencegahan untuk melidungi orang-orang di sekitar kita--baik keluarga, teman, dan kolega--dari kemungkinan tertularnya virus tersebut. 

Untuk pandemi Covid-19, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah merekomendasikan masyarakat untuk mengisolasi diri secara sukarela bagi individu yang memiliki gejala maupun yang tidak memiliki gejala.

'Karantina diri' ini tidak hanya diperuntukan bagi orang yang sakit saja, tapi juga yang tampak sehat. Sebab, tanpa disadari, bisa jadi mereka yang membawa virus. 

Jika banyak orang yang berpartisipasi dalam upaya mengisolasi diri di rumah dan menjaga jarak sosial maka kemungkinan jumlah kasus Covid-19 akan tetap pada tingkat yang dapat dikelola.

Para profesional kesehatan menyebutnya sebagai "perataan kurva" karena menjaga jumlah kasus di bawah kapasitas maksimum penyedia layanan kesehatan selama menangani wabah covid-19. Dengan begitu, jumlah pasien tidak selalu naik dan para pekerja medis punya waktu dan tempat yang lebih untuk menyembuhkan para korban yang terjangkit virus.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak, Perhatikan 4 Hal Ini Untuk Hindari Penularan Baru

Salah satu yang sudah mendukung dan menjalankan program ini ialah pemerintahan Selandia Baru. Melalui halaman resmi Kementerian Kesehatanya, mereka menyarankan masyarakat agar membatasi kontak (social distancing) baik dengan anggota keluarga maupun orang lain selama di rumah. 

Sebisa mungkin menghindari kedatangan pengunjung ke rumah dan jika ada tamu yang datang maka cobalah untuk berjarak paling tidak dua meter dan tidak melakukan kontak muka selama lebih dari 15 menit. 

Mereka yang mengisolasi diri tidak disarankan untuk berbagi piring, gelas minum, handuk, bantal ata barang lain di rumah mereka. Setelah menggunakan barang-barang tersebut, upayakan untuk segera mencuci dan menaruhnya pada tempat yang steril. 

Pembagian ruang pada tiap anggota keluarga juga penting. Minimalkan waktu yang sering kita habiskan untuk bersama. Seperti ruang keluarga, dapur, dan ruangan bersama lainya. Pastikan bahwa ruang bersama tersebut juga berventilasi baik. 

Jika menggunakan toilet dan kamar mandi bersama, penting untuk membersihkanya setelah setiap kali menggunakanya. 

Kita juga harus menggunakan kertas toilet, pasta gigi, sikat gigi, dan handuk sendiri. Jika kebiasaan itu belum ada, mintalah pada keluarga untuk memiliki alat mandi mereka masing-masing.