Bekerja Dari Rumah, Berikut Cara Mengatur Tim Agar Tetap Produktif

By Daniel Kurniawan, Senin, 16 Maret 2020 | 18:06 WIB
Ilustrasi work from home ()

Nationalgeographic.co.id - Sebagian besar kantor dan institusi pendidikan telah menerapkan Work From Home atau bekerja dari rumah mulai hari ini. Bekerja dari rumah atau yang kini lebih sering disebut kerja “remote” punya banyak tantangan seperti, keinginan untuk rebahan, menuntaskan drama berseri, hingga kondisi rumah yang mungkin tidak biasa dipakai bekerja.

Jika Anda memimpin sebuah tim di kantor dan terpaksa harus kerja “remote,” cobalah untuk mengikuti beberapa cara ini:

Buat perencanaan

Ketahui apa saja alat yang diperlukan Anda dan tim untuk bekerja dari rumah. Jangan sampai Anda dan tim tidak memiliki alat yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dari rumah.

Evaluasi perangkat lunak, informasi, dan sumber daya lain apa yang perlu Anda akses untuk menjaga produktivitas Anda.

Baca Juga: Bekerja Dari Rumah Hindari Corona, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Salin semua bookmarks, nomor telepon, dan informasi lain yang mungkin disimpan di layar komputer kantor atau meja Anda.

Sebab, seorang manajer harus memastikan bahwa timnya telah memiliki alat yang diperlukan untuk terus bekerja dari rumah, dan memiliki informasi kontak semua orang.

Siapkan ruang kerja

Bekerja dari rumah dapat membuat pemisahan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi abu-abu. Oleh sebab itu, penting untuk menyiapkan ruang kerja di rumah.

"Secara teknis, di mana saja dengan permukaan datar dan internet dapat bekerja, tetapi cobalah jadikan tempat paling bebas gangguan untuk menjadi lokasi yang paling produktif," ujar CEO dan Pendiri FlexJobs, Sara Sutton.

Untuk menghindari bekerja selama 12 jam sehari, pastikan Anda memiliki beberapa cara untuk menandakan akhir hari kerja jarak jauh Anda, seperti menyingkirkan laptop dan menghindari bekerja setelah kewajiban kerja2 usai.