Inggris Mulai Lakukan Uji Coba Perawatan dengan Plasma Penyintas

By Daniel Kurniawan, Rabu, 22 April 2020 | 11:36 WIB
NHS Blood and Transport telah mulai mengumpulkan darah dari pasien yang telah pulih. ()

Nationalgeographic.co.id - Para pejabat kesehatan telah memprioritaskan dua uji klinis yang akan dipasok dari darah pasien COVID-19 yang telah pulih, berharap transfusi tersebut dapat membantu menyelamatkan nyawa pasien dengan infeksi sejenis.

NHS Blood and Transplant (NHSBT) mulai mengumpulkan darah dari para penyintas dengan tujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pasien. Argumennya, karena darah tersebut dipercaya kaya antibodi.

Suplai plasma konvalesen terbatas akan diberikan kepada pasien yang terdaftar pada substudi dalam percobaan Pemulihan yang dipimpin oleh Peter Horby di Universitas Oxford, dan uji coba Remap-Cap yang dipimpin oleh Intensive Care National Audit and Research Centre (ICNARC) London.

Baca Juga: Melepaskan Hewan ke Arktika Bisa Bantu Melawan Perubahan Iklim?

Uji coba pemulihan ini akan menilai apakah plasma membantu pasien pulih sebelum mereka dirawat secara intensif, sementara uji coba Remap-Cap akan menyelidiki apakah transfusi serupa membantu menyelamatkan pasien yang sudah berada di unit perawatan intensif.

Terapi plasma konvensional sudah ada sejak lebih dari seabad dan digunakan dalam pandemi flu Spanyol 1918. Perawatan ini bergantung pada adanya antibodi yang memberikan tingkat kekebalan pada pasien yang telah pulih dari virus. Transfusi paling efektif mengandung antibodi tingkat tinggi yang pada prinsipnya dapat meningkatkan pertahanan kekebalan penerima selama berminggu-minggu.

Dokter di Tiongkok menggunakan plasma konvalesen sebagai terapi darurat ketika wabah itu mengamuk di sana, dan sementara ini bukti anekdotal awal menunjukkan hal itu mungkin telah membantu. Namun, uji klinis formal diperlukan untuk menentukan apakah intervensi itu benar-benar aman dan efektif, dan bagaimana jika pasien belum pulih juga?

Di AS, di mana jumlah kasus coronavirus yang dilaporkan lebih besar daripada di negara lain mana pun, tim dokter dengan cepat memperluas uji coba plasma pemulihan yang telah diberikan kepada ratusan pasien.

NHSBT sedang mencari donor darah dari pasien berusia 17 hingga 66 yang pulih setidaknya 28 hari yang lalu--waktu yang diperlukan untuk memastikan bahwa antibodi persisten ada dalam aliran darah. Sumbangan dapat dilakukan di 23 pusat di seluruh Inggris.

Baca Juga: Serangga Terancam Punah, Ini Saran Ilmuwan untuk Menyelamatkan Mereka

Profesor Sir Robert Lechler, presiden Akademi Ilmu Kedokteran dan direktur eksekutif King's Health Partners, yang meliputi King's College London dan tiga rumah sakit besar London, tertarik untuk mencoba terapi ini. Pasien yang telah pulih pun sempat menghubungi dan bertanya bagaimana cara menyumbangkan darah miliknya.

“Transfusi plasma yang disembuhkan bukan solusi peluru perak untuk krisis kesehatan coronavirus. Namun, mereka memiliki potensi untuk menjadi sangat bermanfaat. AS telah dibebankan ke depan dengan ini. Mereka telah merawat 500 pasien dengan plasma konvalesen, dan meskipun terlalu dini untuk mengetahui hasilnya, secara anekdot itu telah membantu pasien pulih.”