Lima Kisah Penyelamatan Paling Dramatis dalam Sejarah Dunia

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 27 April 2020 | 20:17 WIB
Tim penyelamat setelah berhasil mengeluarkan 33 pekerja tambang yang terjebak di bawah batu. (Nicolas Torres /LatinContent/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id - Masih ingatkah Anda dengan kisah penyelamatan 12 anak dan pelatih sepak bola mereka yang terjebak di gua Thailand selama 18 hari? Meski sudah hampir dua tahun berlalu, tapi kisah tersebut masih dikenang hingga sekarang.

Namun, selain peristiwa tersebut, ada lima kisah penyelamatan dramatis lainnya yang pernah tercatat dalam sejarah. Berikut di antaranya yang dikutip dari situs History.com:

Sekelompok penambang terjebak selama dua bulan hari di bawah permukaan tanah

Peristiwa ini menarik perhatian dunia karena belum pernah terjadi sebelumnya. Sebanyak 33 penambang Cile berhasil bertahan hidup setelah 68 hari terjebak di bawah tanah.

Pada Agustus 2010, poros tambang tembaga tempat mereka bekerja tiba-tiba ambruk. Ketika tim penyelamat berusaha mengeluarkan para pekerja tambang, galian lainnya pun ikut runtuh. Membuat mereka terjebak di belakang 770 ribu ton batu.

Para penambang ini bisa berkomunikasi dengan dunia luar hanya melalui lubang yang dibor oleh tim penyelamat. Pria-pria yang terperangkap itu juga berbicara secara singkat dengan keluarga mereka melalui lubang.

Baca juga: Ini Cara Penyelam Mengeluarkan Anak-anak yang Terjebak di Gua Thailand

Setelah proses pengeboran yang panjang dan melelahkan, ke-33 penambang akhirnya bisa diangkat ke atas permukaan dengan selamat.

Bertahun-tahun kemudian, para penambang dan tim penyelamat mengatakan bahwa mereka masih merasakan emosi melelahkan dan gangguan stres pascatrauma yang tersisa dari musibah tersebut.

Balita menghabiskan 58 jam di dasar sumur

Pada Oktober 1987, Jessica McClure yang berusia 18 bulan menjadi perbincangan ketika dia melangkah ke sumur air yang tak terpakai di rumah bibinya di Midland, Texas.

McClure terjebak di sumur kedalaman 22 kaki selama dua setengah hari sementara tim penyelamat menentukan cara terbaik untuk mengeluarkannya.