Peranti Cerdas untuk Tetap Sehat dan Bugar Saat Pembatasan Sosial

By National Geographic Indonesia, Senin, 11 Mei 2020 | 06:47 WIB
Apa yang kita santap terkait erat dengan kesehatan kita sendiri. Nutrisi yang seimbang memiliki banyak manfaat. (Milkos/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id— Ketika masa karantina karena pandemi, sebagian besar orang melakukan pekerjaan dan aktivitas lain di rumah. Bagaimana tetap sehat dan bugar selama kita bekerja dan berada di rumah saja?

Santapan yang sehat. Apa yang kita santap terkait erat dengan kesehatan kita sendiri. Nutrisi yang seimbang memiliki banyak manfaat. Ketika kita bisa membuat pilihan makanan yang lebih sehat, kita dapat mencegah atau mengobati beberapa penyakit—seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Diet sehat dapat membantu kita menurunkan berat badan dan menurunkan kolesterol juga.

Berolahraga teratur. Olahraga dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker usus besar. Olahraga juga dapat membantu mengobati depresi, osteoporosis, dan tekanan darah tinggi. Orang yang berolahraga juga jarang mengalami cedera. Olahraga rutin dapat membuat kita merasa lebih baik. Pun, aktivitas ini turut mengendalikan berat badan. Kita bisa memulai untuk aktif dan rutin berolahraga selama 30 hingga 60 menit, sekitar lima kali seminggu. Apapun olahraga yang kita lakukan, itu pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

Baca Juga: Siapkan Gawai Cerdas Demi Solusi Produktivitas #BekerjaDariRumah

Sit-up merupakan salah satu olahraga yang dapat mengecilkan perut. (jacoblund/Getty Images/iStockphoto)

Menyantap makanan sehat dan tetap berolahraga merupakan kunci supaya badan kita tetap sehat dan bugar selama di rumah saja karena masa pandemi ini. Keduanya juga membantu mengendalikan berat badan. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan cedera. Masalah umum adalah radang sendi pada persendian yang menahan beban, seperti tulang belakang, pinggul, atau lutut Anda. Ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Selama karantina di rumah, kita bisa memanfaatkan gawai cerdas kita untuk membantu pengaturan nutrisi makanan dan aktivitas berolahraga. Bagaimana caranya?

 

Cari Resep Masakan Sehat Bersama Bixby. Salah satu tantangan terbesar dalam menjaga pola hidup sehat adalah memastikan konsumsi gizi yang seimbang. Dengan asisten virtual Samsung Bixby, kita dapat dengan mudah mengakses aplikasi-aplikasi pada perangkat Samsung Galaxy S20. Salah satunya adalah untuk mencari resep masakan sehat.

Kita dapat meminta Bixby melalui perintah suara untuk mengatur waktu layar atau screen timeout menjadi sepuluh menit ketika sedang memasak. Jadi, kita dapat membaca resep tanpa harus berulang kali mengaktifkan kembali atau unlock perangkat Samsung saat kedua tangan sibuk memasak.

 Baca Juga: Perisai untuk Membatasi Kecanduan Aplikasi Gawai Saat Masa Karantina

Tetap Bugar Selama #DiRumahSaja. Selama beraktivitas di rumah, kesehatan fisik dan mental tetap menjadi prioritas. Aplikasi kesehatan Samsung Health menawarkan berbagai program kebugaran mulai dari latihan beban hingga latihan perenggangan. Program ini juga dapat ditambahkan ke jadwal harian, sehingga kita dapat lebih disiplin untuk menjaga kebugaran tubuh. Samsung Health dalam Samsung Galaxy S20 juga dapat melacak aktivitas sehari-hari dari pola tidur, pola makan, langkah yang ditempuh, tingkat hidrasi hingga siklus menstruasi untuk perempuan.

"Samsung memahami bahwa konsumen kami memiliki kesadaran yang tinggi terhadap kesehatan,” ujar Denny Galant selaku Head of Product Management, IT & Mobility Samsung Electronics Indonesia. “Oleh karena itu, kami hadir dengan berbagai fitur kesehatan yang dapat diakses pada setiap perangkat terbaru yang kami keluarkan termasuk Galaxy S20 series."