Ragam Temuan Permainan Papan Kuno, Bagaimana Cara Memainkannya?

By Fikri Muhammad, Rabu, 27 Mei 2020 | 14:58 WIB
Papan Ludus Latrunculorum ditemukan di Roman Britain (Warisan Inggris / The Trustees of Corbridge Excavation Fund) ()

Nationalgeographic.co.id - Jauh sebelum Settlers of Catan, Scrabble, dan Risk memiliki banyak penggemar, legiun Romawi kuno menghabiskan waktu bermain Ludus Latrunculorum. Berikut beberapa permainan papan kuno yang di rangkum oleh Meillan Solly pada laman smithsonian.

Senet

Senet, dipajang di Metropolitan Museum of Art ()

Senet merupakan salah satu permainan papan yang paling awal diketahui. Bukti arkeologis dan artistik menunjukan bahwa senet dimainkan pada awal 3100 SM, ketika dinasti pertama Mesir baru saja berkuasa. Tokoh seperti Tutankhamun dan Ratu Nefretari pun diyakini gemar memainkannya. 

Menurut Metropolitan Museum of Art, anggota kelas atas masyarakat Mesir memainkan Senet menggunakan papan permainan berhias. Sedangkan masyarakat kelas bawah menggunakan permukaan batu, meja, atau lantai yang digores. 

Baca Juga: Dari Mana Olahraga Sepak Bola Berasal? Ini Penjelasan Peneliti

Papan senet berukuran panjang, terdiri dari 30 kotak yang disusun dalam tiga baris paralel sepuluh. Dua pemain menerima jumlah token permainan yang sama, biasanya antara lima hingga tujuh, dan berlomba untuk mengirim semua bagian mereka ke ujung papan.

Seperti kebanyakan permainan strategi, pemain memiliki kesempatan untuk menggagalkan lawan mereka--berkompetisi untuk bergerak maju atau bahkan mengirim mereka mundur di papan.

Permainan Kerajaan Ur

Papan yang berumur sekitar 4.500 tahun ini menampilkan kotak plak shell yang dikelilingi oleh potongan-potongan lapis lazuli dan didekorasi dengan desain bunga dan geometris yang rumit. (British Museum)

Para peneliti sering kesulitan menentukan aturan main pada sebuah permainan ribuan tahun lalu. Namun, berkat tablet paku sederhana yang diterjemahkan oleh kurator British Museum, Irving Finkel, selama 1980-an, para ahli jadi memiliki serangkaian instruksi terperinci untuk permainan Kerajaan Ur.

Penemuan kembali permainan modern yang berusia sekitar 4.500 tahun ini merupakan tanggal untuk penggalian Sir Leonard Woolley atas kota Mesopotamia kuno di Pemakaman Kerajaan Ur antara tahun 1922 dan 1934.