Saat Wabah Kolera Picu Pemerintah untuk Membangun Ruang Terbuka Hijau

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 26 Mei 2020 | 15:22 WIB
Central Park, kota New York, AS, salah satu taman kota yang dianggap maju dan menjadi lokasi interak (Zika Zakiya)

Nationalgeographic.co.id – Wabah kolera menyerang New York City pada musim panas 1832, membuat korban-korbannya memiliki mata cekung dan kulit biru, juga mengalami diare berat, mual dan muntah. Penyakit ini sebelumnya telah melanda Asia, Eropa, hingga akhirnya sampai di pesisir New York. Hanya perlu waktu beberapa minggu bagi kolera untuk mengambil nyawa lebih dari 3.500 orang dari keseluruhan 250 ribu penduduk kota.

Ketika kolera kembali kedua kalinya pada 1849, angka kematiannya mencapai 5.000. Dilansir dari History,com, sepanjang 1800-an, wabah kolera meninggalkan kenangan yang tidak terlupakan. Tidak hanya dalam jumlah kematian, tapi juga berupa jalan-jalan besar dan taman-taman yang mengubah New York hingga menjadi kota metropolis yang kita kenal saat ini.

Kolera berkaitan dengan “udara berbahaya”

Kota-kota abad ke-19 penuh sesak dan tempat-tempat kotor menyediakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi penyakit seperti kolera. Saat sampah, kotoran hewan dan manusia, mengalir bebas ke sumber air minum—itulah yang menyebabkan munculnya kolera.

Pejabat kesehatan publik kala itu mengatakan bahwa penyakit menular disebabkan oleh uap berbahaya yang dikenal sebagai “miasma”—berasal dari bahan organik yang membusuk. Gagasan ini mengacu pada peristiwa serupa di Abad Pertengahan.

Baca Juga: Mikroplastik Ditemukan Pada Semua Burung Pemangsa yang Diteliti Ini

Para pendukung teori Miasma ini kemudian mengajurkan praktik ventilasi, drainase, dan sanitasi yang lebih baik untuk membersihkan kota dari udara jahat berbau busuk.

Pemimpin New York merespons wabah kolera dengan mengusir 20 ribu babi dari jantung kota kemudian membangun sistem saluran air sepanjang 41 mil yang menyalurkan air minum bersih dari utara kota.

“Ketakutan akan miasma dan pandemi kolera serta demam kuning mungkin menjadi pemicu untuk membangun lingkungan yang lebih baik,” kata Sara Jensen Carr, asisten profesor arsitektur, urbanisme, dan lanskap di Northeastern University, dikutip dari History.com.

Wabah kolera memicu pembangunan ruang terbuka hijau. (The Print Collector/Getty Images)

Carr menambahkan, hal tersebut mendorong pembangunan infrastruktur besar-besaran di kota, seperti pemasangan sistem air limbah bawah tanah. “Infrastruktur ini membuat sampah mengalir dengan mudah sehingga tidak terjadi penumpukan yang menimbulkan gas miasma,” paparnya.

Selain itu, wilayah-wilayah berbatu juga diaspal sehingga memungkinkan perluasan industri dan perumahan.