Sejarah Pac-Man, Lingkaran Pizza yang Representasikan Budaya Populer

By Fikri Muhammad, Kamis, 28 Mei 2020 | 19:29 WIB
Pac Man (@officialpacman)

Nationalgeographic.co.id - Pada 1980, produsen gim arkade Jepang Namco Limited memperkenalkan Pac-Man pada dunia.

Perancang utamanya adalah Iwatani Tohru, yang berniat membuat game tanpa kekerasan. Dengan memperhatikan tema, desain, dan warna dengan cermat, Iwatani berharap Namco bisa memasarkan gim arkade yang akan menarik bagi wanita.

Britannica menjelaskan inspirasi permainan Pac-Man ialah makanan dan makan--bertentangan dengan gim tembak-tembakan alien ruang angkasa yang kala itu mendominasi. 

Permainan Pac-Man bermanuver dalam labirin sederhana dengan joystick sebagai pengendalinya. Melahap titik-titik berwarna sampai semua hilang, sehingga menyelesaikan level dan beralih ke labirin berikutnya.

Baca Juga: Kecerdasan Buatan Mampu Menilai Kepribadian Berdasarkan Foto

Dalam bahasa gaul Jepang, paku paku menggambarkan gertakan mulut yang terbuka dan tertutup. Maka itu, karakter sentral yang menyerupai pizza kecil yang diberi mulut tersebut diberi nama Pac-Man.

Permainan ini dibuat menantang karena kehadiran empat "hantu" di setiap level yang mencoba menangkap dan memakan Pac-Man. Peran predator dan mangsa dibalik ketika Pac-Man memakan "pil kekuatan" khusus yang ditempatkan di labirin.

Pac-Man dengan cepat menjadi sensasi internasional. Hanya dengan lebih dari 100.000 konsol dijual di Amerika Serikat, cukup menjadikannya gim arkade paling sukses sepanjang sejarah.

Baca Juga: Rwanda Ciptakan Robot Berteknologi Tinggi untuk Melawan COVID-19

Dengan desain yang inovatif, Pac-Man memiliki dampak budaya populer yang lebih besar daripada video gim lainnya. Panduan untuk bermain Pac-Man muncul di daftar terlaris di Amerika Serikat, segera diikuti oleh lagu-lagu populer, serial televisi kartun, barang dagangan, dan artikel majalah, serta versi yang tak terhitung jumlahnya dan imitasi permainan untuk setiap platform gim elektronik.

Baru-baru ini, Pac-Man baru saja merayakan ulang tahunya yang ke 40 pada 22 Mei 2020 lalu. Sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya, Pac-Man menampilkan penampilan khusus di gim Minecraft, memungkinkan para pemain  menikmati labirin Pac-Man dalam permainan.Mengutip dari businesswire.