Monumen Tertua dan Terbesar Peninggalan Suku Maya Terungkap

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 4 Juni 2020 | 16:17 WIB
Gambar situs Aguada Fenix berdasarkan LIDAR. (Takeshi Inomata)

Nationalgeographic.co.id – Sebuah bangunan raksasa dengan panjang hampir satu mil telah ditemukan di selatan Meksiko. Para peneliti mengatakan bahwa itu mungkin menjadi monumen tertua dan terbesar peninggalan suku Maya yang pernah ditemukan.

Situs bernama Aguada Fénix ini berlokasi di negara bagian Tabasco, di pangkalan Teluk Meksiko. Bangunan tersebut sangat luas untuk usianya—menunjukkan arsitektur Maya yang misterius.

Sebelum penemuan itu terungkap, situs Maya Ceibal (Seibal) ditetapkan sebagai pusat upacara tertua, berasal dari 950 BCE.

Baca Juga: Makanan Terakhir Dinosaurus Terungkap Berkat Sisa-sisa di Perutnya

Aguada Fénix, yang berukuran lebih dari 1.400 meter, diperkirakan berasal dari jangka waktu yang sama, yaitu antara 1.000-800 BCE. Namun, ukuran raksasanya membuatnya tidak berasal dari periode tersebut.

“Menurut pengetahuaan kami, ini adalah kontruksi monumental tertua yang pernah ditemukan di sekitar peradaban Maya. Juga menjadi yang terbesar dalam sejarah pra-Hispanik di wilayah tersebut,” papar peneliti dalam studi mereka.

Situs Aguada Fenix dilihat dari udara. (Takeshi Inomata)

Yang lebih mengejutkan, struktur besar ini sebenarnya telah ada selama berabad-abad tapi tidak dikenali oleh orang-orang Meksiko modern yang tinggal di sekitarnya.

“Area tersebut sangat berkembang. Aada orang-orang yang tinggal di sekitarnya karena itu bukan hutan. Namun, situs tidak dikenali karena ia sangat besar dan mendatar, seperti lanskap alam biasa,” papar Takeshi Inomata, pemimpin penelitian yang juga arkeolog dari University of Arizona.

Ia diketahui memiliki beberapa kesamaan dengan situs Olmec San Lorenzo dan La Venta di sekitar Veracruz. Meski begitu, kurangnya patung berbentuk manusia di Aguada Fenix memberikan petunjuk mengenai suku Maya Kuno yang mendiami kompleks ini—membedakannya dari Olmec.

"Tidak seperti Olmec, Aguada Fenix tidak menunjukkan indikator ketimpangan sosial yang nyata. Seperti patung-patung yang mewakili individu berkedudukan tinggi,” ungkap peneliti.

“Satu-satunya patung batu yang ditemukan di Aguada Fenix berbentuk hewan,” imbuh mereka.