Bantuan Pakan untuk Satwa-satwa yang Terdampak COVID-19

By National Geographic Indonesia, Selasa, 9 Juni 2020 | 19:20 WIB
Singa di Kebun Binatang. (Tutye/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Pandemi COVID-19 telah mengganggu keberlangsungan beberapa fasilitas umum dan tempat wisata yang ditutup untuk sementara. Dengan tidak adanya pemasukan dari pengunjung, pihak pengelola pun kesulitan memenuhi kebutuhan operasional, termasuk pasokan makanan satwa yang dirawat di sana.  

Drs. Maulana Cholid, Direktur Operasional dan Pengembangan TMII, mengatakan bahwa wabah Covid-19 telah memaksa TMII menutup semua objek wisata di areanya selama hampir tiga bulan terakhir dan turut mengganggu produksi dari pemasok pakan untuk satwa di Taman Burung TMII. “Terutama untuk buah seperti pisang, sebelumnya kami selalu mendapat pasokan. Namun, ketika pandemi menyerang, kami menjadi kekurangan (pakan),” paparnya.

Baca Juga: Bagaimana Rasisme Bisa Terbentuk dan Bertahan di Masyarakat?

Selain kebun binatang dan taman satwa, penampungan (shelter) hewan domestik seperti anjing dan kucing juga terdampak cukup berat akibat pandemi.

Melihat hal tersebut, startup agritech TaniHub Group melanjutkan program donasi pakan untuk para satwa. Langkah ini dimulai dengan mengaktifkan fitur donasi dalam aplikasi dan situs mereka agar masyarakat umum dapat berpartisipasi secara langsung.

Masyarakat dapat memilih buah-buahan, sayuran, dan ayam yang ingin disalurkan kepada pihak kebun binatang, taman satwa, dan penampungan hewan yang membutuhkan.

Bantuan makanan untuk hewan-hewan di Taman Safari. (Dok. TaniHub)

“Kami menyadari program-program yang bersifat terus-menerus manfaatnya jauh lebih besar. Kami berharap program donasi pakan satwa ini terus berjalan dan semua bagian masyarakat dapat ikut berpartisipasi. Sebab, semua donasi yang kami lakukan tidak hanya atas nama TaniHub Group saja, tapi juga bersama masyarakat,” kata Pamitra Wineka, Presiden dan Co-Founder TaniHub Group.

Dari total 4,5 ton pakan satwa yang terkumpul, sebanyak 1,5 ton diserahkan untuk Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor pada 18 Mei 2020. Belum lama ini, Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur menjadi penerima donasi selanjutnya berupa buah-buahan dan sayuran dengan total donasi 2,5 ton.

Baca Juga: Para Pionir Perempuan Kulit Hitam dalam Kancah Olahraga Amerika

Penyerahan bantuan 133 kilogram ayam untuk Animal Defenders Indonesia. (Dok. TaniHub)

Selain itu, TaniHub Group menyalurkan donasi pakan berupa lebih dari 400 kilogram buah-buahan dan sayuran untuk Bird Pavilion at Pramestha di Bandung. Juga 133 kilogram ayam untuk organisasi penyelamatan hewan, Animal Defenders Indonesia, yang berlokasi di Parung, Bogor.

Doni Herdaru Tona, pendiri Animal Defenders Indonesia, mengatakan, membantu hewan artinya secara tidak langsung membantu kesejahteraan manusia.

“Jika hewan-hewan tidak terawat, pada gilirannya mereka dapat menjadi ancaman kesehatan untuk manusia dan lingkungan,” ujarnya.