Saya Pejalan Bijak: Hagia Sophia Masih Bisa Dikunjungi Oleh Turis

By Fikri Muhammad, Selasa, 14 Juli 2020 | 14:49 WIB
Hagia Sophia memiliki makna besar sebagai simbol agama dan simbol politik ()

Nationalgeographic.co.id - Hagia Sophia, pada mulanya dibangun sebagai katedral Kekaisaran Romawi Timur pada abad ke-6 dan menjadi masjid pada penaklukan Ottoman atas Konstantinopel pada 1453.

Pada 1934, pemerintahan Turki mengubah Hagia Sophia menjadi museum dan lebih dari 50 tahun kemudian, UNESCO memasukanya sebagai bagian dari warisan bersejarah dunia. 

Namun pada 2005, sebuah kelompok mengajukan petisi kepada Dewan negara Turki. Mereka mengklaim bahwa bangunan itu mulanya milik sebuah yayasan yang didirikan oleh Sultan Mehmed II.

Baca Juga: Gustatori Nostalgia Gudeg Mbah Lindu yang Melegenda di Yogyakarta

Beberapa waktu lalu, pemerintah Turki memutuskan untuk menjadikan Hagia Sophia sebagai masjid. 

Namun, hal itu bukan berarti bahwa Hagia Sophia akan menjadi tempat ibadah penuh waktu menurut halaman National Geographic.

Seorang juru bicara Erdogan mengatakan pengunjung masih akan disambut untuk mengunjungi Hagia Sophia, yang merupakan objek wisata paling populer di negara itu.

"Membuka Hagia Sophia untuk beribadah tidak akan mencegah turis lokal atau asing mengunjungi situs tersebut," kata Ibrahim Kalin kepada kantor berita Turki Anadolu dalam sebuah wawancara di halaman National Geographic.

Meskipun demikian, masih belum jelas bagi para profesional warisan budaya apakah monumen hanya akan digunakan untuk acara-acara sesekali atau perayaan rutin, dan bagaimana, jika sama sekali, situs Warisan Dunia dapat diubah atau dimodifikasi.

Namun, Sharon Gerstel, profesor seni Bizantium dan arkeologi di UCLA, juga menekankan bahwa sementara keputusan itu telah memicu kemarahan internasional, masih banyak yang tidak diketahui tentang apa langkah selanjutnya yang mungkin diambil dengan status Hagia Sophia.

"Itu masih tetap menjadi simbol bagi semua orang Kristen Ortodoks — itu adalah pusat yang ditunjukkan kompas mereka," Gerstel mengamati. “Jadi ancaman apa pun terhadap bangunan itu akan menimbulkan banyak gairah.

"Secara pribadi, saya pikir orang perlu duduk dan melihat apa yang minggu ini akan tetap dalam hal apa yang akan kita diberitahu, tapi saya pikir perlu ada banyak klarifikasi tentang apa yang ingin dilakukan Erdogan," tambahnya.