Berusia Lebih Dari 100 Tahun, Berikut 9 Orang dengan Umur Terpanjang

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 13 Juli 2020 | 17:04 WIB
Jumlah populasi centenarian Jepang lebih tinggi tiga kali lipat dari yang dimiliki Amerika Serikat. (mykeyruna/Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id – Pada Minggu (12/7/2020), penjual gudeg legendaris di Yogyakarta, Biyem Setyo Utomo atau yang akrab disapa Mbah Lindu, meninggal dunia. Di umurnya yang senja, Mbah Lindu masih aktif berjualan gudeg. Baru tiga tahun belakangan ia menyerahkan bisnisnya kepada sang anak akibat kondisi kesehatan yang menurun. Kini, Mbah Lindu sudah beristirahat dengan tenang di usianya yang ke-100 tahun.

Usia 100 tahun dianggap sebagai umur yang panjang bagi manusia. Selain Mbah Lindu, ada beberapa orang di dunia yang berumur panjang. Dan menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan berasal dari Jepang.

Baca Juga: Mengenang Papa T Bob, Pencipta Lagu Anak-anak yang Bahagiakan Masa Kecil

Berikut 9 orang dengan umur terpanjang di dunia (data Maret 2020), dilansir dari oldest.org:

Mina Kitagawa (114 tahun)

Mina Kitagawa tinggal di Hikoneshi, prefektur Shiga, Jepang. Tidak terlalu banyak info mengenai Kitagawa, tapi usianya telah divalidasi oleh Gerontology Research Group. Ia merupakan orang ketiga tertua di Jepang dengan usia 114 tahun.

Noeme de Silveira Freitas (114 tahun)

Menurut laporan berita pada 2019, Freitas lahir pada 1905 sehingga usianya 114 tahun saat ini. Jika klaimnya benar, maka Freitas merupakan orang tertua di Amerika Selatan saat ini. Hingga Maret lalu, ia dikabarkan masih sehat meski memiliki masalah pada tiroid dan keterbatasan gerak.

Iris Westman (114 tahun)

Westman merupakan orang tertua kedua di Amerika. Ia lahir di North Dakota dan masih menetap di sana sampai sekarang. Di masa mudanya, Westman adalah seorang guru dan pustakawan. Membaca masih menjadi kegemarannya, tapi kini ia lebih sering mendengarkan audio book karena kemampuan matanya sudah menurun.

Katerina Karnarou (114 tahun)

Per Maret 2020, Katerina Karnarou tercatat sebagai orang tertua di Yunani. Ia lahir di desa Mountriza, yang kini disebut Gryllos. Namun, ia tinggal di Krestena, Yunani, sejak menikah pada usia ke-25.