Lima Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Tengah Kenormalan Baru

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 20 Juli 2020 | 12:18 WIB
Ilustrasi hidup sehat dan bahagia. (kieferpix/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Meskipun PSBB telah dilonggarkan dan masyarakat diminta untuk siap menghadapi kenormalan baru, angka kasus COVID-19 di Indonesia terus meningkat.

Menjaga jarak, menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan tinggal di rumah sebisa mungkin, menjadi cara terbaik untuk mencegah penularan virus corona. Selain itu, kita juga perlu menjaga kekebalan tubuh untuk melindungi diri dari wabah yang mengancam nyawa tersebut.

Baca Juga: Sekitar 40% Orang yang Terkena COVID-19 Tidak Menunjukkan Gejala

Dilansir dari Mind Body Green, berikut saran dari para dokter dan ahli gizi dalam meningkatkan imun tubuh secara alami:

Bersikap baik pada diri sendiri dan orang lain

Menurut Anna Yusim, seorang psikiater, imun tubuh sangat bergantung pada kesehatan mental, juga sebaliknya.

“Depresi atau kecemasan membuat Anda rentan terhadap inflamasi dan infeksi. Dan risiko inflamasi yang tinggi meningkatkan kemungkinan Anda mengalami depresi,” katanya.

“Oleh sebab itu, salah satu cara terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda adalah dengan membuat pikiran dan emosi tetap positif, sehat, serta kuat,” imbuhnya.

Berikut tiga cara yang bisa dilakukan:

Aktif bergerak dan batasi alkohol

Wayan, seorang yogi, sedang melakukan yoga di salah satu paviliun di Bali. (Asteria Iskandar/National Geographic Traveler)

Selain menjaga kebersihan diri, Julia Loewenthal, dokter penyakit dalam, mengatakan bahwa aktif bergerak bisa membantu melindungi Anda dari COVID-19. Lakukan olahraga secara rutin.