Saya Pilih Bumi: Alternatif Bungkus Daging Kurban Selain Plastik Agar Ramah Lingkungan

By National Geographic Indonesia, Kamis, 30 Juli 2020 | 17:03 WIB
ilustrasi pembagian daging kurban (Tribun Palembang)

Nationalgeographic.co.id - Saat Idul Adha, pembagian daging kurban biasanya kerap menggunakan plastik sekali pakai. Ini tentunya akan menambah masalah sampah plastik di Bumi. 

Selain masalah lingkungan, plastik kresek yang biasa digunakan juga mengandung zat karsinogen yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh sebab itu, ada baiknya kita mengganti plastik tersebut dengan pembungkus yang lebih ramah lingkungan.

Apa saja yang bisa dijadikan alternatif?

1. Daun pisang

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science and Technology, mengatakan bahwa daun pisang ini mengandung antibakteri dan antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Tumpahan Minyak Ancam Laut Merah, Apa Bahaya yang Akan Terjadi?

Bahkan sebuah penelitian di Bangladesh juga menemukan, ekstrak metanol dalam daun pisang menunjukkan aktivitas penghambatan hemaglutinasi dan hidrogen peroksida diinduksi aktivitas penghambatan hemolisis sel darah merah manusia.

2. Daun jati

Seperti daun pisang, daun jati juga memiliki antibakteri dan antimikrob.

Sebuah penelitian dari Krishna University, India, menyebutkan bahwa daun dari tanaman kayu ini terkenal karena daya tahannya yang ekstrem, stabilitas dimensi dan kekerasan yang juga tahan terhadap pembusukan.

Tak salah jika daun jati juga dapat membungkus makanan yang memiliki kuah.

3. Daun kelapa