Lima Hal yang Akan Terjadi Jika Populasi di Bumi Menurun, Apa Saja?

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 3 Agustus 2020 | 10:37 WIB
Keramaian di pusat kota Tokyo. (LanceB)

Nationalgeographic.co.id – Menurut studi terbaru dari para peneliti, jumlah populasi di Bumi akan menurun pada akhir abad. Dunia pun harus mulai memperhitungkan konsekuensi dari angka populasi yang mengecil.

Berikut lima hal yang akan terjadi jika populasi di Bumi menurun, dilansir dari BBC:

Kabar baik bagi negara-negara miskin

Jumlah populasi yang lebih sedikit, memberikan peluang pendidikan dan karier yang lebih baik bagi perempuan. Kasus aborsi dan tingkat kematian anak pun diperkirakan akan lebih rendah.

Bagi negara-negara berpendapatan rendah, angka kesuburan yang menurun dapat menciptakan standar hidup yang lebih baik. Masing-masing anak memiliki peluang lebih besar untuk mengakses kesehatan dan pendidikan.

Baca Juga: Akankah Pandemi COVID-19 Memicu Krisis Perbankan di Indonesia?

Namun, bagi negara-negara yang angka kelahirannya sudah rendah, seperti Jepang, penyusutan ini dapat memberikan masalah lebih lanjut. Mereka harus memikirkan cara untuk merawat populasi yang kebanyakan sudah lanjut usia. Di sisi lain, akan ada lebih sedikit usia kerja yang membayar pajak.

Dunia lebih beragam

Tingkat kesuburan dan harapan hidup adalah bagian penting dari pertumbuhan atau penyusutan populasi. Yang ketiga adalah migrasi.

Negara-negara dengan jumlah populasi muda yang sedikit mungkin ingin menarik orang-orang muda dari wilayah lain.

Menurut Dr Hannah Ritchie, peneliti dari University of Oxford dan bagian dari Our World in Data, ini akan membuat dunia lebih beragam dengan tercampurnya budaya dan etnis.

Angka kelahiran di negara berkembang semakin meningkat, sementara negara maju berkurang. (LightFieldStudios/Getty Images/iStockphoto)