Ketika Inovasi Mendefinisikan Kembali Fotografi

By National Geographic Indonesia, Rabu, 5 Agustus 2020 | 20:36 WIB
Nelayan menebar jala di Situ Cileunca, Pangalengan. Setiap tebaran jala mewakili harapan masa depannya pada pagi itu. Situ ini begitu asri karena dikepung tebing dan perbukitan kawasan Bandung Selatan. (Arbain Rambey)

"Ada cara untuk melakukannya dengan lebih baik—temukan itu," kata Thomas Alfa Edison.

Nationalgeographic.co.id— Salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman baru adalah menghilangkan kebiasaan-kebiasaan lama. Tidak ada perubahan apabila tidak ada yang berubah. Kita membutuhkan gagasan baru untuk kemajuan. Inovasi memungkinkan kita mengubah kebiasaan lama menjadi pengalaman baru yang mendefinisikan kehidupan yang lebih baik.

Apa yang dibutuhkan dunia fotografi peranti bergerak untuk mencapai puncaknya?

Dalam riwayatnya, perkembangan fotografi ditentukan oleh serangkaian teknologi. Salah satunya, ketika sebuah gawai cerdas mampu menangkap gambar dan video yang lebih stabil dan berkualitas tinggi dalam berbagai kondisi cahaya. Pabrikan vivo mendefinisikan kembali arti inovasi premium dan teknologi terkini pada fitur kameranya, mengukuhkan vivo X50 Series sebagai gawai cerdas pertama dengan teknologi Gimbal Stabilization dari vivo Indonesia.

Pagi hari di kawasan situs puing-puing Radio Malabar, Gunung Puntang. Pada 1925, kantor radio itu digunakan untuk memelihara hubungan tanpa kabel antara Hindia Belanda dan induknya. (Ricky Martin)

vivo merupakan perusahaan teknologi global terkemuka yang berkomitmen untuk menciptakan tren produk dan layanan gawai cerdas. Pabrikan ini dikhususkan untuk membentuk ekosistem internet seluler yang dinamis. Kini perusahaan teknologi ini memiliki dan mengoperasikan jaringan operasi penelitian yang luas, dengan pusat penelitian dan pengembangan di beberapa negara.

Pagi menyingsing di Bukit Cukul, Pangalengan, Bandung Selatan, Jawa Barat. Kawasan kebun teh yang berpadu dengan peternakan sapi perah. (Arbain Rambey)

Teknologi utama gawai cerdas seri terbaru ini adalah Gimbal Stabilization yang terintegrasi satu sama lain dengan fitur kamera, seperti Extreme Night Vision dan 60x Hyper Zoom. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menangkap foto dan video dalam berbagai kondisi cahaya—dan tetap stabil.

Tidak hanya membawa pengalaman pengguna fotografi peranti bergerak ke tingkat profesional, tetapi juga gawai ini memiliki inovasi desain ramping dalam balutan warna premium. Lantaran kinerjanya yang mumpuni, gawai cerdas ini mendorong batas-batas baru sebagai fotografi gawai cerdas terdepan.

Teknologi Gimbal Stabilization-nya menggunakan struktur double ball dengan triple axis rotation, yang menawarkan lima sumbu stabilisasi. Gerakan mekanisnya mampu menghasilkan stabilitas tiga dimensi.

Fitur Extreme Night Vision yang tertanam pada gawai cerdas ini mengoptimalkan hasil tangkapan kamera dalam keadaan minim cahaya. Rahasianya pada algoritma AI Noise Reduction yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto atau video dengan kualitas lebih stabil bahkan saat malam hari.

Sementara itu gawai cerdas ini juga memiliki lensa periskop telefoto 5x. Kinerja lensanya dikombinasikan dengan pembesaran algoritma yang dikembangkan hingga mencapai 60x Hyper Zoom. Hasilnya, fitur ini dapat menangkap foto atau video dengan kualitas yang stabil walau dalam jarak cukup jauh.