Bagaimana Game Seluler Bisa Membantu Menyelamatkan Planet Ini?

By Fikri Muhammad, Rabu, 19 Agustus 2020 | 15:12 WIB
Angry Birds (Rovio)

Nationalgeographic.co.id - Pengembang gim seluler Angry Birds 2 dan sepuluh pengembang lainnya telah berkomitmen untuk memasukkan pesan lingkungan ke dalam judul mereka. 

Selain Angry Birds, gim populer seperti Golf Clash, Subway Surfers, dan Transformers: Earth Wars merupakan bagian dari proyek ini.

"Ada sekitar tiga miliar orang memiliki ponsel dan setengahnya adalah gamer," kata John Earner, bos Space Ape yang membuat Transformers: Earth Wars pada BBC.

"Sebagai sebuah industri, kami memiliki jangkauan yang sangat luas dibandingkan dengan media hiburan lainnya. Kami merasa ada peluang dan semakin penting bagi kami untuk melakukan sesuatu," John menambahkan.

Baca Juga: Setelah 350 Tahun, Diketahui Bahwa Sperma Berputar Bukan Berenang

Gim seluler diharapkan dapat mendidik dan melibatkan orang-orang tentang lingkungan hijau dan menginspirasi mereka untuk membantu menyelamatkan planet ini.

Masing-masing gim akan memperkenalkan mode baru, peta, acara bertema, cerita, atau karya seni ke dalam gim mereka untuk berbagi informasi dan pesan tentang masalah lingkungan.

Pemain Angry Birds 2, misalnya, akan segera mengumpulkan bibit dan menanam pohon pada gim yang akan datang. Mereka juga bisa belajar tentang dampak positif yang dapat ditimbulkan di dunia nyata.

"Ini hal yang besar bagi kami, kami ingin menjadi perusahaan dengan tujuan dan ini adalah salah satu bagian dari teka-teki itu," kata Ville Heijari, salah satu bos teratas pengembang game Rovio.

"Sangat menyenangkan menghadirkan pengalaman bermain gim yang unik, menarik, baru, dan mengasyikkan kepada orang-orang--tetapi kemudian juga dapat memberikan dampak positif pada masalah global, itulah yang paling penting."

Tim di Rovio menyempurnakan pengalaman baru itu, tetapi Ville berkata: "Kami mencoba membuatnya terasa seperti tujuan yang sama, semua pemain bergabung bersama dan itu akan memberi penghargaan positif bagi mereka."

Baca Juga: Membedah Karya Visual Keindahan Malam