Motivasi Kerja Menurun di Tengah Pandemi? Lakukan Hal Berikut

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 7 September 2020 | 15:35 WIB
Stres membuat kita merasa kelelahan, mual, dan tidak nafsu makan. (fizkes/Getty Images/iStockphoto)

 

Nationalgeographic.co.id - Pandemi COVID-19 dan kabar buruk yang kita dengar hampir setiap hari, membuat mood menurun dan akhirnya bisa memengaruhi pekerjaan. 

Semakin Anda kurang bahagia saat melakukan pekerjaan, maka semakin rendah produktivitas. Dan seiring berjalannya waktu, motivasi kerja Anda akan menurun. Itu merupakan siklus menyeramkan yang kerap menjebak para karyawan.

Baca Juga: ENA, Sekolah Tinggi Elit Prancis yang Melatih Presiden Masa Depan

Untuk menghindari hal tersebut, berikut empat hal yang bisa dilakukan:

Meminta feedback

Tidak mengetahui apa yang bisa Anda lakukan lebih jauh atau bagaimana Anda berkontribusi terhadap perusahaan dapat menurunkan semangat dan motivasi kerja.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meminta saran dan evaluasi dari rekan kerja atau pemimpin Anda.

Selalu ada ruang untuk belajar dan berkembang dalam pekerjaan apa pun. Memahami target dan apa yang bisa dicapai ke depannya, membuat Anda kembali termotivasi menjadi lebih baik di kantor.

Merayakan keberhasilan orang lain

Jika Anda merasa kurang inspirasi dan 'terjebak', cara terbaik keluar dari kondisi itu adalah dengan mengabaikan diri sendiri untuk sementara dan mulai merayakan kebahagiaan di sekitar Anda. Cara berpikir positif ini akan menguatkan hubungan dengan rekan kerja, serta menambah kepuasan diri.

Oleh sebab itu, penting untuk ikut merayakan kebahagiaan mereka. Misalnya, dengan memberikan hadian bagi mereka yang mendapat promosi. Bisa juga dengan sesederhana memberikan pujian kepada teman kantor yang berhasil menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Berani berkata 'tidak'