Gigi 45.000 Tahun Ungkap Kawin Silang Neanderthal dan Manusia Modern

By Utomo Priyambodo, Rabu, 10 Februari 2021 | 12:00 WIB
Rekonstruksi Neanderthal yang dibuat untuk Natural History Museum di London. ()

Nationalgeographic.co.id—Sebanyak 11 gigi berusia sekitar 45.000 tahun yang diteliti oleh para ilmuwan yang berbasis di Inggris menjadi bukti kuat adanya praktik kawin silang antara manusia Neanderthal dengan manusia modern. Gigi-gigi ini yang diyakini merupakan hibrida dari dua spesies ini ditemukan oleh para arkeolog sejak tahun 1910 dan 1911 di sebuah gua di Pulau Jersey, tetapi baru beberapa tahun terakhir ini dipelajari secara terperinci.

Gigi-gini ini diyakini merupakan milik dua individu Neanderthal yang tengkorak atau tubuhnya telah diletakkan, mungkin dengan sengaja, di serambi yang menonjol di dalam gua La Cotte de St Brelade. Tempat itu kini merupakan bagian dari pantai barat daya Pulau Jersey.

“Gigi-gigi dari kedua individu ini memiliki beberapa ciri khas Neanderthal dan sebagian lainnya merupakan ciri khas dari spesies yang secara anatomis merupakan manusia modern (anatomically modern human/AMH),” ungkap Profesor Chris Stringer dari Natural History Museum, sebagaimana dikutip dari Independent.

Akar gigi yang besar, kuat, dan sangat panjang secara arketipe merupakan ciri Neanderthal. Namun bagian atas giginya (terutama mahkota giginya) biasanya merupakan ciri AMH.

Baca Juga: Riset Terbaru: Ganja Medis Ampuh Turunkan Tekanan Darah Pasien Lansia

Para peneliti menduga, kedua individu hibrida tersebut adalah anggota komunitas Neanderthal lokal yang secara berkala bermarkas di dalam gua. Penemuan bahwa gigi-gigi di gua Pulau Jersey itu mungkin milik keturunan hibrida Neanderthal/AMH berpotensi membantu memecahkan salah satu misteri terbesar umat manusia. Misteri yang dimaksud adalah mengapa Neanderthal punah dan, yang lebih penting, mengapa sekarang hanya ada satu spesies manusia yang masih tersisa hidup di Bumi ini? Padahal saat Zaman Batu diyakini ada beberapa spesies manusia yang hidup dalam periode yang sama.

Penelitian internasional di masa depan kemungkinan besar akan menjelaskan apakah perkawinan silang Neanderthal/AMH berpengaruh pada tingkat kesuburan, demografi, dan kemampuan Neanderthal untuk bertahan hidup sebagai suatu spesies atau tidak.  Penelitian DNA modern menunjukkan bahwa kebanyakan dari kita adalah keturunan dari kedua spesies anggota Zaman Batu itu. Kebanyakan manusia modern memiliki sekitar 2 persen DNA yang berasal dari Neanderthal. Neanderthal sendiri merupakan manusia purba yang dikenal mendominasi daratan Eropa pada zaman prasejarah.

Gua La Cotte de St Brelade di Jersey. ()

Kini para ilmuwan sedang berencana untuk mengekstrak DNA, isotop, dan bukti lain dari gigi-gigi tersebut untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai siapa pemiliknya. Para peneliti meyakini, kemungkinan besar mereka adalah anggota kelompok yang tinggal di dalam gua, tetapi juga dapat dibayangkan bahwa mereka adalah tawanan yang telah dibunuh dan dimakan.

Seperti yang telah diketahui dari penelitian-penelitian terdahulu lainnya, kanibalisme relatif umum di antara manusia Neanderthal. Namun begitu, sikap penghormatan di antara mereka terhadap orang yang telah mati juga lebih umum ditemukan.