Ilmuwan Temukan Obat yang Bisa Turunkan Berat Badan Secara Dramatis

By Utomo Priyambodo, Rabu, 17 Februari 2021 | 08:00 WIB
Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan di dalam badan, atau kegemukan yang berlebih. (TomFoldes)

 

Nationalgeographic.co.id—Obesitas atau kelebihan berat badan adalah penyakit yang bisa menimbulkan banyak penyakit penyerta lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung. Kabar baiknya, baru-baru ini sekelompok ilmuwan tampaknya telah menemukan obat yang bisa menolong banyak penderita diabetes.

Dalam sebuah studi terbaru yang hasilnya telah dipublikasikan di The New England Journal of Medicine pada 10 Februari 2021, para ilmuwan memaparkan bahwa obat diabetes yang sedang mereka teliti tampaknya juga menjanjikan untuk menyelesaikan masalah obesitas pada banyak orang. Dalam studi ini mereka menemukan obat ini ternyata mampu menurunkan berat badan secara dramatis pada orang-orang yang mengonsumsinya, yakni menghilangkan sekitar 15% berat badan mereka.

Obat ini, yang disebut sebagai semaglutide, adalah obat suntik yang sudah disetujui untuk membantu mengontrol kadar gula pada penderita diabetes tipe 2. Namun tampaknya, obat ini juga ampuh menekan nafsu makan.

Baca Juga: Riset Terbaru: Ganja Medis Ampuh Turunkan Tekanan Darah Pasien Lansia

Dalam studi atas khasiat obat ini, para peneliti melakukan uji coba dengan secara acak menugaskan 1.961 orang dewasa yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan untuk menerima suntikan obat semaglutide ini atau plasebo (obat kosong) seminggu sekali selama 68 minggu. Para partisipan tersebut juga menerima sesi konseling sebulan sekali untuk membantu mereka mematuhi diet rendah kalori, dan mereka didorong untuk meningkatkan aktivitas fisik mereka, sebagaimana dilansir Live Science.