Riset: Pandemi COVID-19 Memang Membuat Langit Jadi Lebih Bersih

By Utomo Priyambodo, Jumat, 19 Februari 2021 | 20:15 WIB
Foto Gunung Gede Pangrango (Instagram @wibisono_ari)

Nationalgeographic.co.id—Baru-baru ini ramai polemik mengenai foto yang menampilkan pemandangan Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat yang dipotret dari Kemayoran, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Foto karya fotografer Ari Wibisono itu dituduh Arbain Rambey, fotografer senior, merupakan hasil penggabungan dua foto atau "tempelan”.

Sebelumnya, Ari mengunggah foto tersebut di akun media sosialnya dengan caption, "Pemandangan Gunung Gede Pangrango di Kemayoran Jakarta Pusat Pagi ini, menandakan Kualitas udara sedang bersih Jakartans ?? #JakartaLangitBiru."

Selama ini pemandangan Gunung Gede Pangrango yang berlokasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, jarang terlihat dari Jakarta. Biasanya, polusi udara menutupi gagahnya Gunung Gede Pangrango di kejauhan. Unggahan foto dari Ari seolah memperlihatkan bahwa kualitas udara langit Jakarta telah membaik di masa pandemi COVID-19 ini.

Namun cap “tempelan” dari Arbain terhadap foto Ari belakangan menimbulkan polemik dan perdebatan atas sejumlah perkara. Terlepas dari penyuntingan foto, terdapat pertanyaan yang menyeruak di benak warga: Apakah benar langit Jakarta dan sekitarnya telah jadi lebih bersih di masa pandemi ini?