Ahli Biologi Ungkap Alasan Ikan Hiu Mirip Wajah Manusia di Rote Ndao

By Fikri Muhammad, Jumat, 26 Februari 2021 | 12:00 WIB
Wajah hiu mirip manusia karena letak matanya yang tak biasa, berada di bawah. Sedangkan umumnya mata hiu berada di samping. (Dok. Feroh)

Nationalgeographic.co.id—Pertengahan Februari silam, warga menemukan seekor hiu dengan bentuk muka yang mirip manusia di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Hiu ini ditemukan oleh seorang nelayan bernama Abdullah Nuren dalam perut induk hiu yang tersangkut jaring. Abdullah baru menyadari setelah menemukan dua anak hiu yang berada di perut induk itu.

"Saya pakai jaring dapat induknya. Ada dua anak dalam perutnya. Satunya normal, satunya bentuknya seperti manusia," kata Abdullah di laman Detik.

Bentuk kepalanya mengerucut pada bagian ujung, seperti ikan hiu pada umumnya. Namun yang cukup aneh ialah matanya yang bulan dan berada di bagian bawah, sejajar dengan mulut. Umumnya, mata hiu berada di bagian sisi kepala.

"Itu matanya asli (di bawah), tidak diedit. Yang satu lagi normal, matanya di samping kepala seperti induknya," tambah Abdullah.

Kiriman foto dari Abdullah menampakkan bahwa hiu itu memiliki panjang sekitar 30 cm dan lebar tak lebih dari 5 cm. Ia tidak memiliki sirip di bagian atas dan bawah tubuhnya. Karena ujung siripnya berwarna hitam, diduga ikan itu jenis hiu karang sirip hitam.

Baca Juga: Pengamatan Transit Venus dari Gang Torong Batavia Abad Ke-18