Mengapa Kita Lebih Kreatif dan Produktif Saat Bekerja di Kedai Kopi?

By Fikri Muhammad, Selasa, 2 Maret 2021 | 13:00 WIB
Barista muda asal Takengon, Gayo, Aceh memperagakan memperagakan seni meracik kopi secara manual. (Ricky Martin/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Beberapa orang sukses dalam sejarah telah melakukan pekerjaan terbaiknya di kedai kopi. Seperti Pablo Picasso, J.K. Rowling, Simone de Beauvoir, Jean-Paul Sartre, dan Bob Dylan. 

Ada banyak cara kedai kopi memicu kreativitas kita dengan cara yang tidak dilakukan oleh kantor dan rumah. BBC mengatakan, rangsangan seperti kombinasi kebisingan, kerumunan biasa, dan variasi visual, memberi kita jumlah gangguan yang tepat dan membantu kita menjadi yang paling tajam dan paling kreatif. Walaupun beberapa dari kita menggunakan earphone ketika duduk dan bekerja di tempat umum tetapi kebisingan sekitar dapat bermanfaat bagi pemikiran kreatif kita.

Sebuah studi dalam Journal of Consumer Research menunjukkan bahwa tingkat kebisingan di lingkungan yang rendah hingga sedang di tempat seperti kafe dapat meningkatkan kreativitas. Idenya adalah jika kita sedikit teralihkan dari tugas yang ada oleh rangsangan suasana, hal itu akan meningkatkan kemampuan berpikir abstrak yang dapat mengarah pada generasi ide yang lebih kreatif.