NASA Bingung dengan Munculnya Garis-Garis Geologi Aneh di Rusia

By Utomo Priyambodo, Rabu, 3 Maret 2021 | 11:00 WIB
Pola garis-garis geologi aneh di sekitar Sungai Markha di Seiberi, Rusia. (NASA Earth Observatory/ Landsat 8)

Nationalgeographic.co.id—Pekan lalu para peneliti NASA mengunggah serangkaian foto lanskap bergaris-garis aneh di Rusia ke situs web NASA Earth Observatory. Foto-foto itu diambil dengan satelit Landsat 8 selama beberapa tahun. Foto-foto tersebut menunjukkan daratan di kedua sisi Sungai Markha di Siberia, beriak dengan garis-garis gelap dan terang yang bergantian.

Garis-garis aneh nan misterius di sekitar Sungai Markha itu terlihat di empat musim. Namun garis-garis ini paling jelas terlihat pada musim dingin, saat salju putih membuat pola kontras menjadi lebih mencolok.

Pola garis-garis geologi yang aneh itu membuat bingung para ilmuwan. Mereka tak sepenuhnya bisa memahami mengapa daratan di Rusia itu tampak bergaris-garis seperti itu.

Baca Juga: Menyingkap Waktu Tsunami Aceh dari Catatan Alam di Gua Euk Leuntie

Pola garis-garis geologi aneh di sekitar Sungai Markha di Seiberi, Rusia, tetap terlihat pada musim-musim yang berbeda. (NASA Earth Observatory/ Landsat 8)

Live Science melansir, beberapa ilmuwan menawarkan penjelasan mengenai fenomena tersebut tapi mereka tidak sepenuhnya yakin juga pada penjelasan itu. Sebagian penjelasan bahkan bertentangan dengan teori yang dibuat NASA.

Salah satu penjelasan yang mungkin adalah garis-garis tersebut terbentuk di tanah es. Menurut NASA, wilayah Dataran Tinggi Siberia Tengah ini menghabiskan sekitar 9 persen tahunnya tertutup lapisan tanah beku, meskipun kadang-kadang mencair dengan cepat.