Hasil Berbagai Riset Ungkap Manfaat Daun Patikan Kebo bagi Kesehatan

By Utomo Priyambodo, Rabu, 3 Maret 2021 | 12:00 WIB
Daun patikan kebo. (organicfacts.net)

Nationalgeographic.co.id—Patikan kebo kerap dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu bagi tanaman lainnya. Namun, ternyata ada manfaat besar dari daun patikan kebo.

Sejumlah hasil riset mengungkapkan bahwa daun patikan kebo ini bisa memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Bahkan, warga lokal di beberapa daerah di Indonesia, dengan kearifan lokal mereka, telah memanfaatkan daun patikan kebo ini untuk mengobati sejumlah penyakit.

Hasil riset para peneliti dari Akademi Farmasi Saraswati Denpasar yang telah diterbitkan di Jurnal Ilmiah Medicamento, misalnya, menyebut bahwa patikan kebo merupakan tanaman obat atau herba. “Herba patikan kebo (Euphorbia hirta L.) adalah salah satu tanaman obat yang tergolong dalam famili Euphorbiaceae,” tulis mereka.

“Penggunaan E. hirta sebagai obat tradisional telah dilaporkan di beberapa daerah termasuk di Bali. Secara tradisional tanaman ini diketahui dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti radang tenggorokan, disentri, diare, asma dan bronchitis sehingga berpotensi sebagai alternatif bahan baku obat tradisional,” papar mereka.