Basoeki Abdullah: Menyirat Nilai Budaya dan Kemanusiaan dalam Lukisan

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 5 Maret 2021 | 19:00 WIB
Lukisan Nyi Roro Kidul karya Basoeki Abdullah. Basoeki mengklaim dalam biografinya, bahwa dia menggambarkan sosok mitologi ini karena sering bertemu dengannya. ()

Nationalgeographic.co.id—Lukisan Nyi Roro Kidul yang menjadi koleksi Istana Negara itu sempat dipamerkan di Galeri Nasional Jakarta pada Agustus 2017. Lukisan itu dibuat oleh mendiang Basoeki Abdullah

Dalam biografi R. Basoeki Abdullah RA: Duta Seni Lukis Indonesia, dia mengklaim pernah bertemu dengan sosok mitos laut selatan Jawa itu. Ia kerap membuat lukisan yang bertajuk mitologi dengan unsur romantisme.

Tak selalu menggambarkan mitologi, Basoeki Abdullah juga sering membuat lukisan pemandangan dan sosok. Penggambarannya pada sosok, menurut Mikke Susanto yang seorang kurator seni, menjadikan modelnya sebagai rekan untuk berkarya. Model bukan sekedar hubungan aktif-pasif belaka, demikian ungkap Mikke.

"Pak Bas (nama panggilan Basoeki Abdullah) itu tak melewatkan model seperti sebagaimana mstinya, tapi juga untuk membuat kisah-kisah yang lain, meski kita tidak tahu siapa modelnya," ungkapnya dalam webinar Kemanusiaan pada Karya Basoeki Abdullah yang diadakan Museum Basoeki Abdullah.

Baca Juga: Seniman-Seniman Lukis Pertama di Dunia Berasal dari Indonesia?