Cerita Penjelajah Richard Garriott Mengunjungi Titik Terdalam Bumi

By Utomo Priyambodo, Kamis, 11 Maret 2021 | 08:00 WIB
Richard Garriott, penjelajah titik terdalam bumi. (Dok. Richard Garriott)

Nationalgeographic.co.id— Cerita penjelajahan mengunjungi gunung tertinggi di bumi mungkin sudah biasa kita dengar dan sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Namun cerita penjelajahan ke titik terdalam dari lautan di bumi, tampaknya baru pada setahun belakangan ini kita dengar.

Sang penjelajah yang melakukan perjalanan ekstrem tersebut bernama Richard Garriott. Presiden dari perkumpulan The Explorers Club itu berhasil menyelesaikan penyelaman ke Challenger Deep, titik terendah di Bumi, pada 1 Maret 2021 bersama rekannya yang bernama Michael Dubno.

Challenger Deep berada di dalam Palung Mariana, palung terdalam di bumi. Palung yang memiliki kedalaman hingga 10.911 meter ini terletak di dasar laut sebelah timur Kepulauan Mariana dan di sebelah barat Samudra Pasifik, dekat dengan Jepang dan Pulau Guam.

Garriott melakukan penyelaman ke titik terdalam bumi itu dengan menggunakan Limiting Factor, kendaraan selam yang dikembangkan dan didanai oleh penjelajah bawah laut Victor Vescovo. Dengan menggunakan kapal selam yang sama, Vescovo dan mantan astronaut NASA Kathy Sullivan juga pernah menyelam ke Challenger Deep pada Agustus 2020.

"Saya orang pertama yang pergi dari kutub ke kutub, luar angkasa, dan Challenger Deep. Dan saya merupakan orang kedua --atau laki-laki pertama-- yang pernah pergi ke luar angkasa lalu ke Challenger Deep," kata Garriott dalam wawancaranya dengan collectSPACE.

Baca Juga: Kisah Suster Ann Nu Thawng, Berlutut agar Demonstran Tak Ditembaki

Richard Garriott saat memasuki kapal selam Limiting Factor. (Dok. Richard Garriott )