Arkeolog Temukan Salah Satu Kuburan Perempuan Paling Mewah di Eropa

By Utomo Priyambodo, Jumat, 12 Maret 2021 | 08:25 WIB
Barang-barang mewah yang ada di kuburan situs La Almoloya, termasuk diadem yang dikenakan jasad perempuan penguasa. (Antiquity)

Nationalgeographic.co.id—Sekelompok arkeolog dari Autonomous University of Barcelona dan Max Planck Institute for the Science of Human History menemukan sebuah kuburan perempuan kuno di Spanyol. Kuburan tersebut merupakan salah satu kuburan paling mewah dari Zaman Perunggu yang pernah ditemukan di Eropa.

Di dalam kuburan tersebut terdapat barang-barang berharga yang cocok untuk anggota kelas penguasa. Kuburan ini mungkin merupakan bagian dari istana dari Zaman Perunggu yang pernah digali di wilayah tersebut.

Lokasi kuburan yang berada di situs La Almoloya di Murcia, Spanyol, ini diketahui pertama kali pada tahun 2014. Wilayah tersebut diyakini dulunya merupakan tempat masyarakat Zaman Perunggu El Argar berkembang dari tahun 2200-1550 Sebelum Masehi di tenggara Iberia.

Hasil penemuan kuburan kuno mewah ini telah dilaporkan ke dalam jurnal Antiquity. Kuburan ini berbentuk guci atau kenci besar yang ditemukan di bawah lantai sebuah ruangan.

Baca Juga: Firaun Mesir Ini Mati secara Brutal di Medan Perang. Siapakah Dia?

Kuburan mewah yang ditemukan si situs La Almoloya Spanyol. (Antiquity)