Penjelasan Astronom soal Dugaan Penampakan Meteor Jatuh di Banggai

By Utomo Priyambodo, Kamis, 18 Maret 2021 | 22:38 WIB
Cuplikan video dari penampakan yang diduga sebagai meteor jatuh di Banggai, Sulawesi Tengah. (YouTube)

Nationalgeographic.co.id—Kejadian yang diduga sebagai fenomena meteor jatuh telah membuat heboh warga di Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Kejadian pada Selasa (16/3/2021) malam sekitar pukul 21.00 WITA itu disebutkan telah menimbulkan kilatan cahaya yang sangat terang serta suara dentuman yang cukup kuat.

Kejadian di Banggai tersebut sempat terekam kamera ponsel warga setempat. Seorang anak perempuan di Kecamatan Luwuk, Banggai, yang sedang merekam sebuah alat berat dan kondisi di sekitarnya pada malam hari itu secara tak sengaja merekam kejadian tersebut. Ia sempat menggeser arah bidikan kamera ke kiri, dan kemudian ia kembalikan ke arah kanan. Di saat itulah, terlihat cahaya terang bergerak diagonal dari arah atas ke bawah.

Tak hanya bergerak, benda tersebut juga seolah terlihat sempat meledak hingga menghasilkan cahaya yang sangat terang. "Apa itu?! Apa itu mama?" kata anak perempuan yang berada di belakang kamera. Berdasarkan pemberitaan media lokal setempat, sekitar pukul 21.00 WITA terdengar ledakan yang menggetarkan rumah warga tak lama setelah kilatan cahaya yang sangat terang itu terlihat.