Yuk, Beri Daging dan Ajak Kucingmu Bermain Agar Tak Ancam Satwa Langka

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Selasa, 30 Maret 2021 | 18:00 WIB
Kucing dilahirkan dengan naluri berburu. (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id—Sepintas bila dipikirkan, melindungi satwa liar dari kepunahan merupakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh petugas di kehutanan, cagar alam, atau taman nasional. Ketiga tempat itu memang merupakan tempat konservasi flora dan fauna yang terancam punah.

Namun ada pula upaya yang bisa kita terapkan supaya satwa yang terancam punah ini terlindungi lewat langkah kecil, yakni mengajak kucing peliharaan kita bermain.

Nyatanya kucing bisa menjadi predator satwa liar, ungkap para peneliti dalam Global Ecology and Conservation (Vol.3 tahun 2015). Mereka kerap memburu burung dan mamalia yang biasanya akibat pembiaran pemiliknya dengan alasan agar mereka menikmati alam.

Menurut studi terbaru di Current Biology (Vol.31 Issue 5, Maret 2021), metode terbaik agar kucing tak dapat menngkap satwa liar adalah dengan mengajaknya bermain, memberikannya makananan, dan kalung dengan lonceng di lehernya. Para peneliti menyebut, cara ini adalah taktik yang juga menyenangkan bagi mereka.

Baca Juga: Sampai Umur Berapa Seekor Kucing Bisa Hidup Menemani Pengasuhnya?