Eskperimen Ekstrem: 15 Orang Mengisolasi Diri di Gua Selama 40 Hari

By Utomo Priyambodo, Jumat, 19 Maret 2021 | 12:00 WIB
Para relawan dalam eskperimen Deep Time. Mereka akan mengisolasi diri mereka di dalam gua selama 40 hari. (Deep Time Experiment)

Nationalgeographic.co.id—Banyak orang di dunia sudah merasa bosan untuk mengisolasi diri di rumah masing-masing di tengah pagebluk virus corona ini. Namun ternyata, ada orang-orang yang tampaknya menganggap bahwa mengisolasi diri di rumah adalah sesuatu yang biasa saja. Mereka justru lebih tertantang untuk mengisolasi diri mereka di dalam gua.

Pada 14 Maret 2021, 15 jiwa orang pemberani memasuki kedalaman Gua Lombrives di departemen Ariège di barat daya Prancis. Ke-15 individu ini bukanlah turis ataupun penjelajah gua, melainkan para relawan untuk eksperimen ekstrem Deep Time.

Para sukarelawan tersebut telah setuju untuk tinggal di dalam gua selama 40 hari tanpa jam tangan, ponsel, atau perangkat lain yang mungkin menghubungkan mereka dengan dunia luar. Mereka akan terus berada di dalam gua selama eksperimen ini berlangsung, mengisolasi diri di bawah permukaan bumi tanpa paparan cahaya alami.

Pria dan wanita yang menjadi sukarelawan untuk eksperimen ini berusia antara 27 dan 50 tahun, berasal dari berbagai latar belakang geografis dan pekerjaan, dan semuanya dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik.

Baca Juga: Satu Tahun Corona di Indonesia: Pandemi Ini Diprediksi Jadi Endemik