Warita Para Pawang, Kisah Ikatan Antara Manusia dan Anjingnya

By Titania Febrianti, Minggu, 28 Maret 2021 | 15:00 WIB
Salah satu anjing pelacak bahan peledak sedang berlatih untuk mengenali bahan dasar peledak. (Titania Febrianti)

Nationalgeographic.co.id—Direktorat Polisi Satwa di Depok, pagi itu riuh oleh gonggongan. Seekor anjing berlari di halaman berhalang rintang, sementara yang lainnya sedang berlatih di atas treadmill.

Seekor anjing mengerjap-kerjapkan mata. Rambutnya melambai ditiup hangatnya mesin pengering seusai mandi. Di sepetak teras, Patina si labrador hitam berusia tiga tahun yang bulunya berkilau-kilau, menatap saya acuh tak acuh. Ia sedang menunggu giliran berlatih, salah satunya ialah untuk mencari sumber bahan peledak.

“Dia sudah seperti si bontot,” ujar Iptu Ida Hariani, seorang polisi wanita bertubuh tegap dengan rambut terpangkas pendek, sambil melirik rekan tugasnya itu. Ida menceritakan kepada saya soal perawatan yang diterima oleh anjing-anjing yang bertugas di sini. Mulai dari kebersihan tubuh, hingga makanan dan pemeriksaan yang rutin mereka jalankan setiap minggu di vet, sebutan bagi klinik satwa di lokasi tersebut.

Patina bukanlah satwa biasa. Anjing yang satu ini telah mengikuti pendidikan pelacakan bahan peledak yang diselenggarakan di Virginia, AS, dan lulus dalam kelas terbaik, dari seratus pendidikan yang pernah diadakan.

Kedekatan sang pawang dengan anjingnya ini bahkan bisa membuat si satwa cemas saat sahabat kesayangannya tak berada di dekatnya. Suatu ketika, Ida cuti dari tugasnya. Tak lama ia mendapat kabar bahwa Patina sakit. "Panasnya waktu itu sampai 41 derajat Celsius," ujar Ida. Sembari dilanda kecemasan, ia pun kembali ke tempatnya bekerja dan segera membawa Patina ke klinik. Namun tak butuh waktu lama, suhu tubuh anjing itu pun berangsur normal, "dan ia sehat kembali," kenangnya sambil tertawa geli.

Baca Juga: Mengapa Kita Lebih Peduli pada Hewan Peliharaan Daripada Sesama?

Di dalam sebuah ruangan yang dindingnya dipenuhi oleh foto kegiatan yang dilangsungkan di Dirpol Satwa ini, Ida berkisah. Pada awalnya, ia tak terlalu berkenan saat di­tugaskan di sini. Namun, lama-lama ia jatuh hati pada pekerjaannya. Ia pernah dipindahkan ke bagian lain, tetapi pikirannya selalu kembali ke rekan kerjanya yang berkaki empat, dan membuatnya kembali bertugas lagi di Dirpol Satwa.

Saya memperhatikan, dari seluruh foto yang tergantung di ruangan itu, salah satunya menampilkan puluhan polisi satwa mancanegara yang berada di depan Capitol Building, Amerika Serikat. Semuanya tampak sigap, dengan masing-masing tangan memegang tali kekang bersama anjingnya masing-masing. Ida tampak sebagai satu-satunya polisi wanita di sana.

Bertugas selama 24 tahun di Dirpol Satwa, Patina bukanlah anjing pertama yang dilatih oleh Ida. Ida selalu merasakan adanya ikatan batin dengan anjing-anjingnya. Ia sering mengajak Patina berbincang kala bersusah hati. Dan Patina tahu, kapan dirinya boleh bermanja-manja dengan Ida saat waktu bermain, atau harus serius saat menjalankan tugasnya.

Tak kenal waktu libur, pada hari Sabtu dan Minggu para pawang ini tetap harus bertugas untuk merawat anjing mereka. Tak heran jika Ida menggambarkan bahwa antara pawang dan anjing, “kedekatannya sudah seperti anak sendiri,” ungkapnya. Ia bahkan pernah pingsan, saat salah satu anjingnya mati.

Gunadi, salah seorang petugas di Dirpol Satwa, pernah “kehilangan” rekan kerjanya, karena anjing itu dipindahtugaskan ke tempat lain. “Jangan ditanya sedih atau tidak, kalau bisa saya sudah menangis sebulan sebelumnya saat tahu ia akan dipindahkan,” ujarnya.