Heboh Warga Dulang Emas di Pantai Maluku, Ahli Geologi Angkat Bicara

By Utomo Priyambodo, Jumat, 26 Maret 2021 | 07:00 WIB
Heboh warga dulang emas di pantai Maluku. (Kamarudin/warga Desa Tamilow)

Nationalgeographic.co.id—Setelah heboh video penjarahan gunung emas di Kongo, kini heboh video warga berbondong-bondong mendulang emas di sebuah pantai di Indonesia. Video yang belakangan tersebar itu menggambarkan kondisi warga beramai-ramai sedang menggali pasir di tepi pantai Maluku demi mendapatkan emas.

Video itu melaporkan warga Desa Tamilow, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, berbondong-bondong mendulang emas pasca-penemuan butiran emas di pesisir pantai desa tersebut. Warga menggunakan peralatan seadanya untuk mendulang emas. Hasilnya, ada warga yang mendapatkan emas hingga 10 gram.

Atas kejadian ini, ahli geologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon, Dr. Zain Tuakia, angkat bicara. Zain mengatakan bahwa fenomena adanya emas di pantai tersebut mungkin saja terjadi. "Itu dimungkinkan kalau ada sumbernya di atas [hulu]. Jadi kalau misalnya di gunung ada [emas], kemungkinan [emas itu] terkikis dan terbawa air ke bagian bawah. Kalau tidak ada sumbernya [endapan emas di hulu], pasti tidak ada [emas di hilir atau pantai]," ujar Zain seperti dikutip dari Kompas.com.