Foto-Foto Satelit Ungkap Kondisi Kapal yang Tersangkut di Terusan Suez

By Utomo Priyambodo, Senin, 29 Maret 2021 | 11:00 WIB
Foto satelit pada 25 Maret 2021, memperlihatkan kondisi kapal kontainer Ever Given yang tersangkut dan memblokir Terusan Suez. (Airbus)

Nationalgeographic.co.id—Jalur pelayaran di Terusan Suez di Mesir macet. Penyebabnya, sebuah kapal kontainer besar bernama Ever Given tersangkut di kedua tepi terusan tersebut.

Yang menarik, keadaan yang memalukan dan tidak menyenangkan atas kapal kontainer besar itu terlihat juga dari luar angkasa. Foto-foto citra satelit dari luar angkasa yang dioperasikan oleh sebuah perusahaan yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat, berhasil mengabadikan momen tersangkutnya kapal besar di Terusan Suez tersebut.

Satelit-satelit Dove yang dioperasikan perusahaan bernama Planet (Planet Labs, Inc.) di San Fransisco itu juga berhasil mendokumentasikan kondisi kemacetan lalu lintas di Terusan Suez. Selain satelit-satelit Dove dari Planet, Live Science memberitakan, satelit Pleiades buatan Airbus juga berhasil menangkap gambar close-up kapal yang terjebak itu pada Kamis pagi (25 Maret 2021).

Kapal Ever Given yang memiliki panjang 400 meter itu kandas saat melintasi Terusan Suez pada Selasa pagi (23 Maret 2021). Sekarang kapal itu teronggok menutupi jalur Terusan Suez sepenuhnya. Ia memblokir kapal-kapal lain yang datang atau hendak melewati rute perdagangan sibuk yang menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah itu.

Baca Juga: Asal-Usul Oumuamua yang Disangka Kapal Alien Akhirnya Terjelaskan