Bulan Purnama Bantu Membebaskan Kapal 'Ever Given' dari Terusan Suez

By Utomo Priyambodo, Selasa, 30 Maret 2021 | 20:00 WIB
Foto satelit pada 25 Maret 2021, memperlihatkan kondisi kapal kontainer Ever Given yang tersangkut dan memblokir Terusan Suez. (Airbus)

Nationalgeographic.co.id—Kapal raksasa Ever Given akhirnya bisa terbebas dari kondisi tersangkutnya di Terusan Suez pada Senin (29 Maret 2021). Setelah kapal kontainer besar itu berhasil dibebaskan, lalu lintas pelayaran maritim di salah satu kanal paling sibuk di dunia tersebut akhirnya resmi dibuka kembali.

Ever Given telah menyumbat Terusan Suez selama hampir sepekan setelah tersangkut di kanal itu sejak Selasa (23/3/2021) pekan lalu. Kapal kargo yang memiliki panjang 400 meter itu terdampar secara diagonal dengan haluan kapal menabrak sisi timur kanal dan buritan kapal tersangkut di sisi barat kanal. Akibatnya, kapal itu memblokir penuh Terusan Suez tersebut sehingga kapal-kapal lain tak bisa lewat.

Sebelum Ever Given berhasil dievakuasi secara penuh, beragam upaya telah dilakukan oleh Otoritas Terusan Suez (SCA), termasuk mengeruk dan menggali sisi timur kanal demi membebaskan dan mengapungkan kembali kapal tersebut. Setelah hampir seminggu, barulah upaya tersebut membuahkan hasil. Hasil kerja sama antara SCA dengan perusahaan asal Belanda yang ditugaskan untuk mengerahkan kapal-kapal derek lautnya akhirnya berhasil membebaskan Ever Given.

Yang menarik, ternyata ada peran dari fenomena alam dalam upaya pembebasan kapal Ever Given itu, yakni fenomena bulan purnama. Bagaimanapun, seperti di badan-badan air lainnya, naik dan turun permukaan air di Terusan Suez juga mengikuti gerak pasang surut yang merupakan efek samping dari gaya gravitasi bulan terhadap bumi dan gaya gravitasi matahari terhadap bumi.

Baca Juga: Foto-Foto Satelit Ungkap Kondisi Kapal yang Tersangkut di Terusan Suez