Seorang Bocah Tak Sengaja Menemukan Fosil Berusia '488 Juta Tahun'

By Utomo Priyambodo, Rabu, 31 Maret 2021 | 20:00 WIB
Seorang bocah tak sengaja menemukan fosil berusia '488 juta tahun'. (Vish Singh/PA)

Nationalgeographic.co.id—Seorang bocah laki-laki berusia enam tahun tak sengaja menemukan fosil berusia ratusan juta tahun saat sedang bermain di kebunnya. Siddak Singh Jhamat, yang dikenal sebagai Sid, mengatakan dia sangat senang menemukan fosil itu di kebunnya di Walsall, Inggris, saat ia sedang menggali tanah untuk mencari cacing.

“Saya baru saja menggali untuk mencari cacing dan benda-benda seperti tembikar dan batu bata dan saya tak sengaja menemukan batu ini yang terlihat seperti tanduk, dan saya mengira itu bisa jadi adalah gigi atau cakar atau tanduk, tapi sebenarnya itu adalah sepotong karang yang disebut karang tanduk. Saya sangat bersemangat untuk cari tahu apa itu sebenarnya," kata Sid seperti dikutip dari The Guardian.

Ayah Sid, Vish Singh, mengakatan, “Kami terkejut dia menemukan sesuatu yang sangat aneh di dalam tanah… dia menemukan karang tanduk, dan beberapa potongan kecil di sebelahnya, lalu keesokan harinya dia pergi menggali lagi dan menemukan balok pasir yang membatu. Di dalamnya ada banyak moluska kecil dan kulit kerang, dan sesuatu yang disebut crinoid, yang seperti tentakel cumi-cumi, jadi ini adalah benda prasejarah.

Vish Singh dapat mengidentifikasi karang tanduk melalui sebuah grup pencinta fosil di Facebook. Dia merupakan anggota tersebut.

Baca Juga: Pertama Kalinya, Ilmuwan Temukan Fosil Telur Berisi Bayi Dinosaurus