Minum Air Rumput Fatimah bagi Ibu Bersalin, Bermanfaat atau Berbahaya?

By Utomo Priyambodo, Rabu, 31 Maret 2021 | 19:00 WIB
Ibu hamil mengalami kontraksi (Editor)

Nationalgeographic.co.id—Baru-baru ini linimasa media sosial di Indonesia dihebohkan dengan video viral soal ibu hamil yang mengalami keguguran akibat minum air rumput fatimah. Di sejumlah wilayah di Indonesia, banyak orang percaya rendaman air rumput fatimah bisa membantu memperlancar proses bersalin bagi ibu-ibu hamil. Kepercayaan ini telah ada selama bertahun-tahun tak hanya di Indonesia, tapi setidaknya juga di Malaysia.

Rumput fatimah, atau juga sering disebut akar fatimah, merupakan tanaman yang biasa ditemukan di Gurun Sahara, kawasan Arab, dan Timur Tengah. Menurut dr. Ali Sungkar Sp/OG (2010), rumput fatimah atau Labisa pumila ini mengandung oksitoksin yaitu zat yang digunakan oleh tubuh untuk merangsang kontraksi rahim sehingga dipercaya dapat mempercepat persalinan.

Zat sejenis oksitoksin yang terkandung di dalam rumput fatimah sama seperti obat yang diberikan untuk menginduksi ibu hamil agar terjadi kontraksi. Biasanya, rumput fatimah ini direndam dalam air hingga mengembang, kemudian air rendamannya diminum.