Ada Luapan Amarah Di Balik Lirik 'Kuch Kuch Hota Hai' yang Populer

By Fikri Muhammad, Kamis, 1 April 2021 | 12:06 WIB
Shah Rukh Khan dan Kajol beradu peran dalam film Kuch Kuch Hota Hai (KOLEKSI FILM KUCH KUCH HOTA HAI)

Nationalgeographic.co.id—Tum paas aaye yoon muskaraye ... tumne na jaane kya sapne dikhaye... Rasanya kalimat berikutnya tidak perlu diberitahu, anda tentu sudah bernyanyi dalam hati bukan? 

Penggalan lagu Kuch Kuch Hota Hai itu menandai debut Karan Johar sebagai sutradara top era 1998 dan mengenalkan nama Shah Rukh Khan, Kajol, dan Rani Mukerji pada sebuah roman cinta segitiga yang ikonik di Bollywood bahkan dunia. 

Lagu itu menjadi lagu kebangsaan untuk semua romantisme dengan sesekali berjoget, membawa cita rasa India ke level atas dalam percintaan gejolak muda-mudi bangsa ini. Dengan memori yang kita simpan sendiri. Tapi terlepas dari semua ingatan kita tentang itu, ada satu orang yang sama sekali tidak senang dengan judul film atau lagu tersebut.

Adalah seorang maestro bernama Javed Akhtar. Ia adalah penulis lirik untuk film itu dan Shah Rukh menceritakan betapa dia tidak senang dengan judul film tersebut. 

Baca Juga: Sejarah Catur dari India, Dimainkan Sahabat Nabi, Masuk Hindia Belanda

Edisi purwarupa National Geographic Indonesia, Februari 2005, yang menampilkan sosok Shah Rukh 'Di Balik Bollywood'. Salah satu edisi yang diburu kolektor karena tidak beredar di pasar media. (Mahandis Yoanata Thamrin/National Geographic Indonesia)