Terungkap Misteri Mumi Uskup Abad ke-17 dan Janin Bayi di Sebelahnya

By Utomo Priyambodo, Jumat, 9 April 2021 | 17:11 WIB
Bundelan berisi janin bayi di peti mati mumi Uskup Winstrup. (Gunnar Menander)

Nationalgeographic.co.id—Misteri keberadaan janin bayi dalam peti mumi uskup dari abad ke-17 akhirnya terungkap. Keberadaan mumi berusia lebih dari 300 tahun dan janin bayi ini telah menjadi misteri sejak 2012.

Pada 1679 Uskup Lund Peder Pedersen Winstrup dari Kegerejaan Swedia dan Denmark meninggal dunia pada usia 74 tahun. Karena ia merupakan tokoh penting dan terhormat, tubuhnya kemudian dimumikan dan dimakamkan di lemari besi keluarga di Katedral Lund.

Pada 2012, ketika peti mati Winstrup dipindahkan, para ilmuwan memanfaatkan kesempatan itu untuk mempelajari jasadnya. Saat itulah mereka menemukan bangkai janin, lahir mati pada usia kehamilan tidak lebih dari lima atau enam bulan, terselip di antara kedua betis uskup tersebut.

Menemukan janin atau bayi di sebelah jenazah seorang perempuan bukanlah hal yang aneh dalam arkeologi karena jenazah tersebut biasanya dianggap sebagai janin atau bayinya. Namun ini ditemukan bersama jasad uskup yang merupakan seorang laki-laki. Apa yang sebenarnya terjadi?

Baca Juga: Temuan Mumi Burung di Gurun Atacama Chile Singkap Sisi Gelap Manusia