Setelah Siklon Serjoja Kemarin Justru Muncul Danau Baru di NTT

By Fikri Muhammad, Senin, 19 April 2021 | 17:37 WIB
Danau baru terbentuk di daerah Tankolo, Kelurahan Sikumana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, setelah Siklon Tropis Seroja menerjang. (BENNY JAHANG/ANTARA)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah danau muncul dengan luas dua hektar di daerah Tankolo, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Setelah siklon serjoja melanda pada empat sampai lima April lalu.

"Danau ini mulai terbentuk saat badai siklon tropis seroja melanda daerah ini," kata seorang warga Kelurahan Sikumana bernama Hendrik Lasa. "Pada Senin pagi - 5 April 2021 - kami melihat air semakin meluas dan menggenangi seluruh lahan pertanian milik petani. Luasa genangan air semakin luas," katanya di Antara.

Sebelum jadi danau, warga menggunakan lahan itu sebagai lahan pertanian palawija. Saat ini seluruh tanaman pertanian seperti jagung, kacang, buncis, dan kelapa yang siap panen tenggelam dalam danau yang baru terbentuk itu.

Hendirk yang tinggal selama puluhan tahun merasa bahwa belum pernah terjadi kejadian seperti ini. "Kejadian ini baru pertama kali terjadi sehingga kami sangat khawatir akan munculnya bencana baru karena ketinggian air terus bertambah," katanya.

Baca Juga: Melon Dipijat dan Dinyanyikan Itu Subur Di Tangan Petani Malaysia