Delapan Spesies Tumbuhan Baru Ditemukan Dua Peneliti LIPI pada 2020

By Utomo Priyambodo, Rabu, 21 April 2021 | 17:00 WIB
Etlingera tjiasmantoi merupakan salah satu spesies dari suku jahe-jahean (Zingiberaceae) yang saat ini hanya ditemukan di hutan pegunungan wilayah Tentena, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. (Wisnu Handoyo Ardi/LIPI)

Nationalgeographic.co.idIndonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Setiap tahun selalu saja ada spesies baru yang ditemukan di bumi pertiwi ini. Setidaknya ada delapan spesies tumbuhan baru dari belantara Indonesia menjadi penemuan dua peneliti dari Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di sepanjang 2020.

Salah satu peneliti, Destario Metusala, mengatakan penemuan ini merupakan hasil penelitian kolaborasi bersama berbagai pihak mulai dari akademisi, peneliti dalam dan luar negeri, filantropis lingkungan, hingga staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Penelitian bersama mereka itu setidaknya telah menghasilkan empat publikasi untuk spesies tumbuhan baru, yakni Bulbophyllum acehense, Dendrobium rubrostriatum, Nepenthes putaiguneung, dan Dendrobium sagin.

Peneliti dair Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI lainnya, Wisnu Handoyo Ardi, juga telah memublikasikan laporan penemuan empat spesies baru lain, yakni Begonia enoplocampa, Begonia tjiasmantoi, Begonia sidolensis, dan Etlingera tjiasmantoi. Laporan penemuan spesies-spesies baru tumbuhan unik dari Indonesia itu telah diterbitkan di jurnal ilmiah nasional maupun internasional di sepanjang 2020.