Fenomena Super Pink Moon Akan Hiasi Salah Satu Malam Ramadan Ini

By Utomo Priyambodo, Rabu, 21 April 2021 | 18:00 WIB
Fenomena Supermoon pada Maret 2020. (NASA/Joel Kowsky)

Nationalgeographic.co.id—Pada salah satu malam di bulan Ramadaan 2021 ini akan ada fenomena yang disebut sebagai "super pink moon". Dikutip dari situs NASA, yang dimaksud dengan pink moon adalah fenomena Bulan purnama atau Bulan penuh (full moon) yang muncul pada April.

Fenomena Bulan purnama tersebut akan terjadi pada Senin, 26 April 2021, muncul di seberang Matahari dalam garis bujur berbasis Bumi pada pukul 11:32 malam EDT. Waktu untuk fenomena ini berarti adalah hari berikutnya bagi zona waktu Atlantic Daylight Savings ke arah timur melintasi Afrika, Eropa, Asia, dan Australia ke International Date Line.

Kebanyakan kalender komersial didasarkan pada zona waktu Greenwich Mean Time (GMT) atau Coordinated Universal Time (UTC). Jika berdasarkan kalender jenis ini, fenomena Bulan purnama ini terjadi pada Selasa, 27 April 2021. Bulan akan tampak penuh selama sekitar tiga hari sekitar waktu ini, mulai Minggu malam (25 April) sampai Rabu pagi (28 April). Pada tahun 1930-an, Maine Farmer's Almanac mulai menerbitkan nama-nama untuk fenomena bulan dalam setahun. Menurut almanak ini, nama Bulan purnama di bulan April adalah Pink Moon.

Baca Juga: Pemandangan Indah di Planet Mars: Kawah Beku hingga Gunung Api Raksasa