Ukraina Usul Lokasi Ledakan Nuklir Chernobyl Jadi Situs Warisan Dunia

By Utomo Priyambodo, Rabu, 28 April 2021 | 13:00 WIB
Para turis kini diperbolehkan untuk mengunjungi ruang kendali Chernobyl. (Gleb Garanich/Reuters)

Nationalgeographic.co.id—Apakah Anda tertarik untuk berwisata ke lokasi bencana tenaga nuklir terburuk di dunia? Pemerintah Ukraina mengharapkan demikian.

Menteri Kebudayaan Ukraina meminta kawasan bencana Chernobyl ditambahkan ke daftar situs warisan dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ini merupakan gelar bagi situs dengan signifikansi nilai alam dan budaya yang luar biasa. Lokasi tersebut kemudian ditetapkan sebagai kawasan lindung.

Tragedi yang dipicu oleh kecelakaan reaktor nuklir Chernobyl telah diperingati untuk yang ke-35 kalinya pada 26 April tahun ini. Saat ini, pusat pengembangan nuklir tersebut sedang menjalankan sistem manajemen daruratnya.

Badan budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNESCO, akan menentukan apakah situs Chernobyl itu layak ditetapkan sebagai kawasan lindung. Namun, seperti diberitakan The Science Times, Ukraina harus terlebih dahulu memulihkan Chernobyl ke inventaris nasional atas situs-situs bersejarah yang penting. Setelah itu barulah mereka bisa melanjutkan pengajuannya ke UNESCO.

Chernobyl Nuclear Power Plant. (Mond/Wikimedia Commons)