Mirip Shaun the Sheep yang Lucu Padahal ini Adalah Seekor Siput Laut

By Fikri Muhammad, Selasa, 4 Mei 2021 | 11:00 WIB
Potret Shaun the Sheep di perairan Bali. Tampak imut dan menggemaskan dengan dua bintik mata kecil di depan. (FOTO OLEH INDI APRIADI PUTRA)

Nationalgeographic.co.id—"Shaun the Sheep" adalah apa yang oleh banyak penyelam sebut dari domba daun (Costasiella kuroshimae) karena kemiripannya dengan animasi domba itu. Bertentangan dengan namanya, domba daun bukan betul-betul domba. Melainkan siput laut

"Kesan pertama liat "Shaun the Sheep" sangat amat berkesan karena itu salah satu bucket list saya, ia biasanya tinggal di setangkai daun di bawah air dan mereka akan tinggal disitu selamanya," kata seorang instruktur selam bernama Indi Apriadi Putra kepada National Geographic Indonesia yang menjumpai domba daun di perairan Bali. 

Invertebrata laut ini memiliki mata berbentuk manik-manik hitam yang berdekatan. Rhinophores dengan ujung berwarna hitam menyerupai telinga domba atau antena serangga mencuat dari kepalanya yang putih dan cerata hijau bertitik yang bermunculan dari permukaan atas tubuhnya.