Studi: Air Laut Akan Naik Lebih Tinggi daripada Perkiraan Sebelumnya

By Utomo Priyambodo, Selasa, 4 Mei 2021 | 16:00 WIB
Prediksi sebelumnya menyebutkan bahwa permukaan air laut akan naik setinggi 3,2 meter dalam 1.000 tahun ke depan. Menurut prediksi terbaru, kenaikan air laut selama abad berikutnya bisa jadi satu meter lebih tinggi lagi. (andrej67/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti mencatat bahwa suhu Bumi terus meningkat akibat ulah populasi manusia. Suhu global yang terus meningkat membuat cadangan air yang kini tersimpan dalam bentuk lapisan es Antartika perlahan-lahan mencair ke lautan sehingga meningkatkan tinggi permukaan laut ke titik yang akan berdampak signifikan pada masyarakat pesisir.

Prediksi sebelumnya menyebutkan bahwa permukaan air laut akan naik setinggi 3,2 meter dalam 1.000 tahun ke depan. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa angka yang mengkhawatirkan ini mungkin sedikit terlalu optimis.

Menurut prediksi terbaru yang telah merevisi prediksi sebelumnya, kenaikan air laut selama abad berikutnya bisa jadi satu meter lebih tinggi lagi. Jadi, peningkatan tinggi laut dalam milenium berikutnya akan bertambah hingga 30 persen dibanding perkiraan sebelumnya.

Para peneliti mengatakan, ini adalah hasil yang akan memberikan implikasi serius bagi cara kita memodelkan efek kerusakan iklim di masa mendatang.

"Semua proyeksi kenaikan permukaan laut karena mencairnya lapisan es Antartika Barat yang didasarkan pada pemodelan iklim yang telah diterbitkan, apakah proyeksi tersebut meluas hingga akhir abad ini atau lebih lama ke masa depan, harus direvisi ke atas," kata Jerry Mitrovica, ilmuwan Bumi dan planet dari Harvard University.

"Semuanya!" tegas Mitrovica, dilansir Science Alert.

Baca Juga: Gunung Es Seluas Pulau Bali dan Seberat 1 Triliun Ton Mencair Hilang