Rosalia Lombardo, Mumi Anak-anak Korban Virus Flu Spanyol 1920

By National Geographic Indonesia, Sabtu, 18 September 2021 | 23:00 WIB
Sisa-sisa mumi Rosalia Lombardo, anak perempuan berusia dua tahun yang telah beristirahat seratus tahun di Palermo Capuchin Catacombs. (Kenneth Garrett/ National Geographic Creative)

Nationalgeographic.co.id—Peneliti Italia mengklaim bahwa mereka menemukan mumi anak kecil di Sicilia yang membuka dan menutup matanya setiap hari.

Terekam dalam foto time lapse dan video, fenomena mengerikan itu telah menjadi objek spekulasi beberapa tahun lamanya. Surat kabar Italia pernah memberitakan Rosalia Lombardo, gadis kecil berusia dua tahun yang meninggal akibat pneumonia pada 1920. Mumi ini diberitakan menggerakan kelopak matanya beberapa kali dalam sehari hingga memperlihatkan matanya yang berwarna biru.

Rosalia merupakan salah satu yang terkenal dari 8.000 mumi yang ada di katakomba biara Capuchin di Palermo, Sicilia. Nama sebutannya adalah ‘Sleeping Beauty’. Ia terlihat seperti bayi 2 tahun yang sedang tidur. Dengan selimut, wajah damainya terbingkai oleh rambut pirangnya yang keriting. Lehernya masih terikat oleh pita.