Kisah Nyata Tenryuubito One Piece Diambil dari Sosok Xia Jie

By Fikri Muhammad, Kamis, 6 Mei 2021 | 13:00 WIB
Tenryuubito dalam kisah One Piece adalah sekelompok penguasa yang terkenal bengis. (EICHIRO ODA)

Nationalgeographic.co.id—Bangsawan dunia di One Piece atau juga dikenal dengan kaum Naga Langit (Tenryuubito). Mereka adalah orang-orang yang mendirikan Pemerintahan Dunia pada semesta manga paling populer sepanjang masa itu. 

Mereka masuk pada karakter antagonis dengan kekejian seperti perdagangan manusia, membunuh sembarang orang, dan bahkan menjadikan budak sebagai kendaraan mereka - dijadikan seperti kuda. 

Salah satu adegan memperlihatkan tokoh protagonis dari pasukan revolusioner bernama Bartholomew Kuma, yang ditunggangi seperti kuda oleh Tenryuubito. Hal ini memberikan kita sinyal, siapa sebenarnya tokoh asli yang menjadi inspirasi karakter jahat ini? Karena Eichiro Oda, pembuat manga One Piece dikenal sebagai mangaka yang menjadikan karakter sungguhan sebagai referensi tokoh-tokoh di manga miliknya. 

Walaupun ada banyak kemiripan dengan beberapa tokoh asli, seperti Old Money, keluarga yang kaya sejak lahir di Amerika dan Eropa. Namun kemiripan yang amat signifikan datang dari sosok kaisar Cina bernama Xia Jie. 

Bartholomew Kuma dijadikan kendaraan oleh Tenryuubito. (DEVIANART)